Buat kamu yang hobi traveling ke luar negeri atau kamu seorang fashionista yang mengoleksi jaket bulu pasti kebanyakan punya masalah yang sama soal gimana cara membersihkan jaket bulu wanita tanpa perlu menguras kocek dalam-dalam untuk pergi ke laundry tiap saat. Ya kan?!

Nah sesungguhnya membersihkan jaket bulu gampang kok. Mungkin buat yang nggak mau ribet, mulai sekarang harus pay attention dan tidak menyerahkan nasib jaket bulu kamu ke laundry yang kadang justru menjadi pelaku perusakan dari jaket bulu tersayang (been there, babe!).

Cukup modal shampo (wait, what? Baca dulu sampai selesai makanya) sebagai pengganti deterjen dan jaket bulu kamu dijamin aman dan awet. Baca 5 langkah mudah membersihkan jaket bulu wanita di bawah ini. You’ll thank us later *wink

1. Cek dulu label jaket bulu kamu

Pertama yaitu cek label dari jaket bulu kamu. Ada yang memang dianjurkan dicuci pakai tangan dan beberapa jaket bulu memang ada yang dianjurkan untuk di dry clean - but hey! Dry clean juga sebenarnya dicuci pakai air dan basah kok. Jadi rasanya nggak masalah mencuci sendiri jaket bulu kamu.

Dengan catatan jaket bulu kamu juga nggak hasil dari guling-guling di lumpurkan? Alias cuma sekali dua kali pakai yang nggak kotor banget. Oh iya perhatikan juga rekomendasi label dalam merendam jaket bulu. Berapa suhu air yang dianjurkan dan lebih baik cuci jaket bulu satu persatu ya.

2. Persiapan mencuci jaket bulu

Seperti yang ditulis di judul. Tidak perlu memakai mesin. Andalkan tangan kamu dan ini beberapa item yang diperlukan untuk membersihkan jaket bulu wanita:

  • Dua ember bersih berisi air dingin untuk mencuci dan membilas
  • Shampo sebagai pengganti deterjen
  • Sikat gigi untuk melakukan spot clean
  • Cairan pembersih khusus untuk menghilangkan noda
  • Handuk bersih
  • Gantungan baju untuk menjemur
No Laundry! No Mesin! Ini Cara Benar Membersihkan Jaket Bulu WanitaVogue.com

3. Lakukan spot clean

Pada dasarnya jaket bulu yang nggak terlalu kotor hanya memerlukan sedikit pembersihan. Tapi jika jaket bulu kamu memiliki noda, andalkan sikat gigi bekas dan cairan pembersih khusus yang bisa kamu beli di supermarket.

Sebelum direndam, basahkan bagian noda dengan air, campurkan air dan cairan pembersih noda, lalu sikat dengan lembut noda tersebut hingga bersih. Setelah itu rendam jaket bulu dengan air dingin yang sudah dicampur shampo selama 15-20 menit saja.

4. Cara membersihkan jaket bulu yang benar dengan shampo!

Lalu kenapa shampo? Ternyata shampo memiliki kadar kimia yang nggak terlalu tinggi dibanding deterjen cuci biasa. Logikanya adalah buat rambut aja aman, ya kan?! Selain itu lebih tidak berbusa dan menghindari proses bilas yang berulang-ulang.

Setelah selesai direndam. Kucek jaket bulu kamu secara perlahan dengan tujuan untuk menghilangkan debu yang menempel. Lalu peras dengan lembut nggak perlu pakai tenaga dalam ya. Supaya nggak merusak tekstur jaket bulu.

5. Cara menjemur dan mengeringkan jaket bulu

Ada dua langkah mengeringkan jaket bulu yang bisa kamu pilih. Setelah diperas tadi, kamu bisa langsung menggantungnya dan biarkan kering semalaman atau keringkan dulu diatas handuk bersih untuk menyerap sisa air dari proses mencuci, baru setelah cukup kering tinggal digantung deh. Dan jangan lupa jangan dijemur terpapar sinar matahari ya.

Baca Juga: Catat Yuk! Ini Cara Mencuci Baju yang Benar Bagi Pemula