Tinggal di Indonesia buat sebagian orang memang jadi terbatas soal memilih pakaian, terutama model baju musim dingin. Padahal trend atau model baju musim dingin banyak yang seru-seru di luar sana. Tapi karena kamu membuka artikel ini dengan sebuah rasa penasaran yang tinggi - apalagi setelah mencerna judulnya “model baju musim dingin yang bisa dipakai di Indonesia“ - pasti kamu nggak termasuk “sebagian orang” itu! Kamu pasti seorang fashionista!

Sama seperti kalian, saya juga pencinta baju musim dingin. Dari jaket bulu, puffer tebal untuk melawan angin saat di atas motor (tapi tetap fashionable) hingga coat-coat panjang yang selalu saya andalkan untuk menghadiri beberapa acara “fancy” (maaf agak lebay). Semua saya koleksi. Karena selain berpegang teguh pada prinsip FASHION HAS NO MERCY - jujur sih kalau salah layering bisa jadi gerah - baju-baju musim dingin dengan padu-padan yang tepat tetap sah kok dipakai oleh kita yang tinggal di negara +62 ini.

Berikut padu-padan mengenakan baju musim dingin yang sudah saya bagi untuk ke tiap-tiap acara. Kalau gaya di bawah ini bisa saya coba (tentu dengan personal touch saya sendiri), kamu pun juga bisa! Plus ada bonus tips yang bisa kamu coba kalau mau tampil kece ke red carpet a la baju musim dingin.

1. Baju musim dingin ke kantor

Model Baju Musim Dingin yang Bisa Dipakai di IndonesiaInstagram.com/@thestylograph

Untuk ke kantor, pilihan baju musim dingin baiknya minimalis saja. Kesibukkan di kantor, deadline yang bikin buru-buru, mobilitas tinggi yang menuntut kamu harus kemana-mana, telat makan siang, pasti akan membuat kamu pusing. Dan tentu baju yang salah akan memperkeruh suasana. Jadi andalkan turtleneck tipis yang kamu kenakan dengan blazer dan celana kantor senada. Set warnanya jadi abu dan navy atau abu dan hitam untuk memberikan kesan musim dingin di Eropa.

2. Untuk bersosialisasi

Model Baju Musim Dingin yang Bisa Dipakai di Indonesia

Dari kantor terus ada undangan ke pembukaan art gallery? Atau lanjut bersosialisasi dengan klien? Atau cuma menikmati canapé cantik di acara peluncuran koleksi baru sebuah butik? Gaya andalan saya adalah coat panjang. Always work all the time. Cuma mengenakan t-shirt yang dibalut coat panjang, final look kamu sudah formal dan keren. Ini adalah kualitas dari sebuah gaya praktis.

3. Casual friday!

Model Baju Musim Dingin yang Bisa Dipakai di IndonesiaInstagram.com/@thestylograph

Hari Jumat jadi hari bebas berekspresi buat karyawan kantor yang harus berseragam/rapi (kalau kerja di dunia media sih bebas ya). Nah biasanya baju hari Jumat tuh sifatnya multifungsi: sopan dan bebas di kantor tapi bisa keren untuk TGIF. Chunky sweater bisa jadi pilihannya. Dipadukan dengan celana panjang atau rok, bisa memberikan kesan drama pada casual Friday kamu.

4. Lazy Saturday!

Model Baju Musim Dingin yang Bisa Dipakai di IndonesiaInstagram.com/@thestylograph

Yang suka mager diajak jalan hari Sabtu (apalagi pagi banget janjiannya) coba angkat tangan? Biasanya saya cuma mengombinasikan t-shirt, jeans dan puffer untuk gaya santai yang sedikit cuek. Kalau mau berinvestasi pada jaket puffer, beli yang warnanya cerah ya! Biar statement!

5. Cocktail hour...

Model Baju Musim Dingin yang Bisa Dipakai di IndonesiaInstagram.com/@thestylograph

Jaket bulu seperti gambar di atas cocok banget dipakai buat kamu yang nggak betah langsung pulang ke rumah dan selalu berakhir menikmati segelas cocktail di sebuah resto kekinian. Jangan pernah ragu untuk punya satu atau dua baju musim dingin seperti ini, karena beberapa jaket yang dijual di butik ternama sesungguhnya sudah disesuaikan untuk pasar Indonesia, dengan bahan yang adem dan potongan yang wajar. Happy try!

BONUS: red carpet look

Model Baju Musim Dingin yang Bisa Dipakai di IndonesiaInstagram.com/@thestylograph

Kalau biasanya... Red carpet look soal gaunnya yang jadi sorotan. Kini kamu bisa sempurnakan look-nya dengan jaket musim dingin yang senada. Selain buat gaya kamu jadi lebih tampil, kombinasi ini jadi aksen yang unexpected lho!

Itulah model baju musim dingin yang bisa jadi pilihanmu. Semoga menginspirasi, Bela.

Baca Juga: Shine Bright! Ini 6 Cara Tampil Keren Mengenakan Baju Musim Semi!