New York Fashion Week Spring 2017 sudah selesai. Ini saatnya kamu catch-up dengan apa yang sudah terjadi selama perhelatan ini berlangsung. Tentu ada yang berbeda kali ini. Salah satunya yaitu banyak desainer internasional yang kini menerapkan konsep see-now-buy-now atau istilahnya kamu bisa beli koleksi pakaiannya setelah menonton show-nya. Ya konsep ini sendiri masih menjadi perdebatan di beberapa negara pusat fashion. Alasannya: merusak tatanan kalender fashion. Yang mana akan membawa para rumah mode untuk go-seasonless, yang akan berujung pada penerapan sistem fast fashion yang akan "membunuh" kreatifitas seorang desainer.

Disamping pro-kontra tersebut, New York Fashion Week Spring 2017 tetap menghibur dan seru dengan kejutannya. Now we're talking about Kanye! Yes, rapper yang satu ini semakin serius menggarap tiap koleksi Yeezy. Nggak heran, Kanye West banyak  menerima kritik bagus tentang koleksi Yeezy ditiap season-nya. Ini bukan semata karena koleksi baru dan sepatu apa yang akan hits di tahun depannya, namun Kanye selalu punya pesan yang kuat dan concern dengan isu yang sedang terjadi. Sikapnya yang radikal tercermin pada koleksinya. Disisi lain, New York Fashion Week juga menghadirkan bakat-bakat muda yang patut diperhitungkan, tren selebriti yang banyak banting stir jadi desainer, hingga pakaian yang akan tren di 2017. So, ini rangkuman dan momen seru yang harus kamu ketahui selama New York Fashion Week Spring 2017.

Kanye West (sekali lagi) memukau dengan konsep koleksinya

Apa Saja yang Terjadi Selama New York Fashion Week Spring 2017? Ini Recap-nyaPhoto: Jackie Nickerson

Berlokasi di taman bersejarah Franklin D. Roosevelt Four Freedom di Roosevelt Island, Kanye West menampilkan show yang penuh kejutan. Pertama, tamu undangan dibuat penasaran akan lokasi yang dirahasiakan. Kedua, deretan model wanita berpengaruh yang saat ini tengah naik daun. Diantaranya Sofia Richie, Alice Metza, hingga Teyana Taylor. Plus klan Kardashian yang selalu tampak di barisan depan.

Koleksinya sendiri menghadirkan berbagai pakaian ready-to-wear yang diklaim oleh Kanye sebagai timeless pieces. Masih dalam palet warna basic yang konsisten, hitam-putih hingga warna pucat yang tampak pudar. Sweater, parka, shearling, camo jacket, hingga koleksi knit semua tampak menggugah. Namun yang mencuri perhatian adalah stiletto boots yang rasanya siap menyaingi koleksi sneakers-nya di musim depan.

Koleksi Tom Ford untuk Fall 2016

Apa Saja yang Terjadi Selama New York Fashion Week Spring 2017? Ini Recap-nyaPhoto: Courtesy of Tom Ford

Jika para desainer dan rumah mode menampilkan koleksi untuk Spring 2017, Tom Ford justru mempresentasikan koleksi untuk Fall 2016. Berlokasi di Four Seasons Restaurant, dengan jamuan makan malam yang mewah, show Tom Ford bertabur selebriti. Diantaranya Julianne Moore, Tom Hanks, Alicia Keys, Uma Thurman, hingga supermodel Naomi Campbell.

Koleksinya sendiri sangat terlihat dalam nuansa musim dingin. Very bold. Potongan nipped waist, siluet rok pensil, gaun malam berdetail sekuin, yang dikombinasikan dengan statement belt, knee-high leather boots, aksesori perhiasan hingga It bag yang sudah bisa langsung dibeli.

Pop-up Shop is the new fashion show?

Apa Saja yang Terjadi Selama New York Fashion Week Spring 2017? Ini Recap-nyafootwearnews.com

Selama perhelatan New York Fashion Week Spring 2017, pop-up shop tampaknya cukup mendapat perhatian dihati para shopaholic. Terlebih duo Kendall & Kylie Jenner yang merilis koleksi terbaru Kendall + Kylie yang cukup terjangkau. Belum lagi keramaian yang terjadi di Bergdorf Goodman, dimana Rihanna hadir dalam peluncuran koleksi Fenty x Puma yang fenomenal. Semua tampak mengantre demi bertemu dan memiliki koleksi dari artis kesayangan mereka.

Para desainer muda yang mencuri perhatian

Apa Saja yang Terjadi Selama New York Fashion Week Spring 2017? Ini Recap-nyaPhoto: Marcus Tondo / Indigital.tv

VFiles berhasil mencuri perhatian pada perhelatan NYFW kemarin. Chaos, berjiwa muda, dengan kemasan yang tampak menarik. Dari slogan yang menyentil, PVC outwear, hingga model yang tampak mengenakan topeng dari sarung bantal. Show VFiles banyak menampilkan koleksi dengan berbagai eksplorasi pada volume dan percampuran gender yang memiliki sentuhan ala Rei Kawakubo.

Staple pieces masih tren di 2017

Apa Saja yang Terjadi Selama New York Fashion Week Spring 2017? Ini Recap-nyaPhoto: Courtesy of M. Martin

Sementara untuk menyeimbangkan ekspresi yang berani dari VFiles, beberapa desainer muda lainnya hadir mempresentasikan koleksi yang chic lewat everyday staple yang tak kalah menarik. Para desainer yang tengah naik daun ini diantaranya M. Martin, Wendy Nichol, dan  Cinq à Sept.

BACA JUGA: Banyak Seleb Hollywood Memakai Karya 5 Desainer Indonesia Ini, Siapa Saja?