Busana dengan palet warna basic seperti hitam memang selalu menjadi andalan setiap orang, busana warna hitam memang menjadi investasi terbaik buat banyak orang. Alasan utamanya karena warna yang satu ini cocok dipasangkan dengan berbagai warna. Selain itu, baju, celana, ataupun dress warna hitam selalu dapat hasilkan total look yang trendi.

Wajib Kamu Simak! Begini Cara Mencerahkan Pakaian Hitam yang PudarNet-a-porter.com

Namun, masalah yang cukup sering ditemukan ialah jika sering mengenakannya otomatis busana warna hitam sering dicuci dan dijemur sehingga menyebabkan tampak pudar sehingga warna hitam berubah menjadi keabu-abuan. Hmm kalau sudah seperti ini, jadi kurang pede saat memakainya. Betul nggak, Bela?

Jangan khawatir, kamu nggak selalu harus membeli busana baru. Kali ini Popbela ingin memberikan beberapa cara mencerahkan pakaian hitam yang pudar. Well, keep scrolling! 

1. Menggunakan kopi

Cara alami yang bisa kamu coba ialah dengan menggunakan kopi. Berlaku untuk baju dari material utama katun. Pertama-tama kamu bisa menaruh busana warna hitam kedalam mesin cuci atau ember yang berisikan air dingin. Lalu, seduh kopi sesuai dengan kebutuhan minimal dua cangkir kopi. Setelah diseduh kamu dapat langsung menuangkan kopi tersebut kedalam mesin cuci atau ember

 Buat kamu yang memilih menggunakan mesin cuci, taruh kopi saat busana sedang digiling. Sedangkan untuk yang di ember bisa menaruhnya saat kamu sedang mengucek busana. Terakhir, kamu bisa langsung mengeringkannya dengan dijemur. Sebelum menjemur ada 2 hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, hindari paparan sinar matahari langsung dan kedua, balik busanamu lalu baru deh dijemur. 

2. Menggunakan shampo

Kali ini kamu cuma perlu menyiapkan ember bersih yang diisi dengan air dingin. Kamu bisa mengganti deterjen dengan shampo. Yup, kenapa menggunakan shampo? Karena shampo tidak mengandung kadar kimia yang tinggi sehingga aman buat busana warna hitam kesayanganmu.

Setelah diisi air dingin kamu bisa langsung merendam busanamu dengan kondisi air dingin sudah dicampurkan dengan shampo, rendam maksimal 30 menit lalu kamu bisa menguceknya pelan-pelan. Selanjutnya, langsung jemur deh, Bela! 

3. Cuci busana dengan warna yang serupa

Cara terakhir sebelum mencuci busana warna hitam kamu harus sortir sesuaikan warna. Misalnya, busana dengan palet warna hitam bisa kamu sortir dengan warna-warna gelap sebelum mencucinya, Bela! 

Baca Juga: Agar Tetap Awet, Ini Cara Mencuci Sepatu Kulit yang Harus Kamu Tahu