Musik keras dengan gitar listrik yang mendominasi menjadi salah satu ciri khas musik rock. Pada era 80an, musik rock semakin hits dengan munculnya band-band rock yang mendunia. Mulai dari Bon Jovi, Guns N' Roses hingga Metallica. Adakah lagu favoritmu dari band rock?

Bukan rahasia bahwa band rock didominasi oleh laki-laki. Namun para vokalis dari 7 band rock ini membuktikan kesuksesannya sebagai vokalis band rock perempuan. Saking suksesnya, perempuan rocker ini menjadi perempuan ikonik rock pada masanya. Bahkan salah satu band rock ini mempertahankan vokalis cewek hingga akhir hayatnya, lho. Bisa tebak siapakah mereka? Berikut telah Popbela rangkum di bawah ini. Keep scolling, Bela!

1. Chrissie Hynden

7 Gaya Vokalis Cewek Band Rock 80an yang Ikonik Banget!Rockandrollgarage.com

Chrissie Hynden merupakan lead vocal dari rock band The Pretenders. Don't Get Me Wrong dan Back On The Chain menjadi lagu hits band yang rilis di tahun 80an. Ciri khas Chrissie Hynden yaitu poni depan dan outfit dengan sentuhan warna hitam yang masih ia pertahankan hingga sekarang. Keren!

2. Ann Wilson

7 Gaya Vokalis Cewek Band Rock 80an yang Ikonik Banget!Twitter.com

Heart merupakan rock band asal Amerika yang telah terbentuk sejak tahun 70an dan semakin populer di era 80an. Suaranya yang tinggi membuat band dengan sang vokalis, Ann Wilson semakin terkenal dengan lagu-lagu seperti Alone, What About Love dan Never. Nggak ketinggalan, aksi panggung dengan pakaian hitam turut mencuri perhatian. 

3. Dolores O'Riordan

7 Gaya Vokalis Cewek Band Rock 80an yang Ikonik Banget!Louwire .com

Kalau vokalis yang satu ini, pasti sudah nggak asing untuk kamu. Yup, mengeluarkan album pertama di akhir era 80an, The Cranberries langsung meroket, termasuk Dolores O'Riordan sebagai vokalis. Warna suara yang khas menjadi daya tarik tersendiri untuk band asal Irlandia ini. Nggak hanya suara, aksi panggung dan outfit yang dipakai Dolores O'Riordan juga super standout! Memasukkan unsur warna hitam, gaya Dolores O'Riordan berhasil jadi role model penggemar rock pada masanya.

4. Grace Slick

7 Gaya Vokalis Cewek Band Rock 80an yang Ikonik Banget!Editionongallery.com

Starship sempat menjadi rock band yang hits banget di era 80an dengan lagu Nothing's Gonna Stop Us Now yang rilis di tahun 1987. Selain gaya rambut yang ikonik banget, outfit yang dipakai sang vokalis, Grace Slick selalu kece, dari di music video hingga di atas panggung juga ikut mencuri perhatian. Bukan hanya layered necklace, gayanya yang seksi juga nggak ragu diperlihatkan oleh Grace Slick.

5. Katrina Leskanic

7 Gaya Vokalis Cewek Band Rock 80an yang Ikonik Banget!Thesun.com

Katrina and the Waves merupakan rock band 80an selanjutnya yang memiliki vokalis perempuan. Lagu hits berjudul Walking on Sunshine yang rilis pada tahun 1983 membuat Katrina Leskanich semakin ikonik. Sempat tampil Wembley pada 2017 silam, aksi Katrina Leskanich masih keren dengan suara yang nggak berubah! 

6. Donita Sparks

7 Gaya Vokalis Cewek Band Rock 80an yang Ikonik Banget!Yahoo.com

Ngomongin soal L7, salah satu hal yang mencuri perhatian adalah para personelnya yang perempuan semua. Band yang dibentuk pada 1985 ini mempercayai Donita Sparks sebagai vokalis yang sukses menghasilkan lagu-lagu hits seperti Pretend We're Dead, Shitlist hingga Andres. Gaya Donita Sparks yang rocker 'banget' dengan gitar listrik dan sleeveless top sukses menjadi ciri khasnya. Nggak heran jika aksi panggung Donita Sparks selalu ditunggu-tunggu oleh setiap penggemarnya,

7. Marie Fredriksson

7 Gaya Vokalis Cewek Band Rock 80an yang Ikonik Banget!Trendolizer.com

Ketika mendengar lagu It Must Have Been Love karya Roxette, nggak akan pernah lepas dari Marie Fredriksson sebagai penyanyinya. Aksi panggungnya yang selalu ditungggu-tunggu, Marie Fredriksson sering banget mengandalkan leather jacket sebagai outfit manggungnya. Kabar terbaru, Marie Fredriksson terlah meninggal dunia pada 6 Desember 2019 di usia 61 tahun akibat kanker otak.

Baca Juga: Mengenal Gejala Kanker Otak, Penyakit yang Menyerang Vokalis Roxette