Kain batik memang terkenal dengan teknik pembuatannya yang khusus. Termasuk dalam hal perawatannya, perlu lakukan beberapa hal untuk membuatnya lebih tahan lama dan tidak cepat luntur. Salah satunya yaitu ketika mencuci kain batik.

Mencuci kain batik itu nggak ribet kok. Cukup lakukan beberapa tips untuk membuat kain batik tidak cepat luntur. Selengkapnya simak di bawah ini.

1. Sebelum mulai mencuci, sebaiknya pisahkan kain batik dengan pakaian berbahan lain. Semakin baik juga kamu mengelompokkan kain batik yang memiliki warna senada dalam satu wadah yang sama.

Supaya Nggak Cepat Luntur, Begini Cara Mencuci Kain Batik yang BenarInstagram.com/studio133biyan

2. Rendam kain batik dengan air hangat. Air hangat mampu membuka pori-pori pada serat kain sehingga kotoran lebih mudah terangkat dan mengurangi risiko kain menjadi mengerut dan menyusur.

Supaya Nggak Cepat Luntur, Begini Cara Mencuci Kain Batik yang BenarInstagram.com/iwantirta_batik

3. Detergen memiliki kandungan yang cukup keras untuk kain batik. Sebaiknya ganti detergen dengan sabun khusus batik atau sabun mandi biasa.

Supaya Nggak Cepat Luntur, Begini Cara Mencuci Kain Batik yang BenarInstagram.com/populobatik

4. Ketika mencuci kain batik nggak perlu tenaga ekstra saat mengucek. Hal itu dapat membuat kain batik menjadi cepat rusak. Cukup kucek kain batik di bagian yang terdapat noda secara perlahan.

Supaya Nggak Cepat Luntur, Begini Cara Mencuci Kain Batik yang BenarDok. Internet

5. Memeras setelah dicuci akan membuat kain batik jadi lecek dan mengerut. Cukup bentangkan sembari dijemur di tempat yang teduh dan terhindari dari sinar matahari langsung.

Supaya Nggak Cepat Luntur, Begini Cara Mencuci Kain Batik yang BenarDok. Internet

Baca Juga: V BTS Ketahuan Pakai Baju Motif Mirip Batik, Sukses Buat Heboh ARMY!

Baca Juga: Deretan Seleb Luar Negeri yang Ketahuan Pernah Pakai Batik 

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Batik Modis a La Millennial