Bagi para perempuan pastinya sudah nggak asing dengan pakain dalam yang satu ini. Bra menjadi must have untuk para perempuan karena fungsi dan kegunaannya untuk payudara. Walaupun sering dipakai, jangan lupa untuk menjaga kebersihan bra dengan cara dicuci yang benar ya.

Walau dicuci adalah salah satu cara untuk membersihkan bra dari kotoran serta bakteri yang membandel,  ternyata kesalahan saat mencuci bra juga memengaruhi keawetan bra milikmu lho, Bela! Yuk, mulai hindari hal-hal di bawah ini supaya bra lebih tahan lama dan anti rusak.

1. Mengucek bra mampu mengubah bentuknya

5 Kesalahan saat Mencuci Bra yang Harus DihindariSweetskinliners.com

Walaupun bertujuan untuk memastikan bra bersih sempurna, namun mengucek bra mampu membuat bra menjadi rusak dan berubah bentuk. Ingin memastikan supaya bersih, kamu cukup menyikat secara halus dan perlahan, lalu merendam bra dalam air sabun selama 15 - 20 menit.

2. Menjemur bra dengan menggantungkan pada tali bra

5 Kesalahan saat Mencuci Bra yang Harus DihindariRacked.com

Hindari mengeringkan bra dengan cara menggantung tali bra. Bra yang setelah dicuci akan terasa lebih berat, dan menjemur bra dengan menggantung tali bra akan membuatnya cepat melar. Sebaiknya jemur bra dengan mengantung bra tepat di tengah cup.

3. Suka menggunakan mesin cuci, pisahkan bra dengan lingerie laundry bag

5 Kesalahan saat Mencuci Bra yang Harus DihindariWalmart.com

Jika kamu adalah orang yang gemar pakai mesin cuci, kamu perlu lebih teliti, sehingga bra milikmu nggak mudah rusak akibat pemakaian mesin cuci. Sebaiknya, gunakan lingerie laundry bag untuk melindungi bra dan menjaganya supaya tidak tersangkut pada pakaian lainnya saat dicuci bersamaan. Kalau sudah dipisahkan, bra milikmu akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

4. Terlalu sering dicuci juga dapat membuat bra mudah rusak, lho!

5 Kesalahan saat Mencuci Bra yang Harus DihindariMarthastewart.com

Ternyata, terlalu sering dicuci bisa merusak elastisitas dan bentuk bra lho, Bela! Walaupun tidak disarankan untuk dicuci terlalu sering, jangan sampai kamu mengendapkan kotoran dan bakteri pada bra akibat jarang dicuci. Pertimbangkan aktivitas yang telah kamu jalani, apakah aktivitas ini membuat dirimu banyak atau sedikit berkeringat. Jika kamu telah menggunakan bra dalam beberapa kali, segeralah cuci dan ganti bra dengan yang baru.

5. Mesin pengering akan membuat elastisitas bra menjadi rusak

5 Kesalahan saat Mencuci Bra yang Harus DihindariSelf.com

Walaupun terasa lebih mudah dan praktis, menggunakan mesin pengering kurang direkomendasikan. Mesin cuci mampu membuat elastisitas bra menjadi rusak. Selain itu, pengaruh panas dari mesin pengering juga akan berpengaruh terhadap kerusakan dan berubahnya bentuk kawat pada bra. Lebih baik angin-anginkan saja ya.

Baca Juga: Supaya Awet Ini Lho Cara Mencuci Bra yang Benar