Hari Batik Nasional memang sudah lewat namun hal itu nggak menjadi alasan untuk tidak memakai batik sebagai pakaian sehari-hari. Tahun ini cukup berbeda ya, biasanya Hari Batik Nasional dirayakan dengan kompakan pakai batik sama teman-teman sekantor, namun kali ini cukup posting di media sosial karena di rumah aja juga nggak masalah. 

Bagi orang Indonesia pasti sudah familiar sama batik. Salah satu bentuk cinta tanah air, dimana zaman sekolah dulu nggak pernah absen pakai batik setiap hari Kamis kini semakin terbiasa dipakai untuk hadir ke acara-acara formal.  

Kalau tim Popbela punya caranya sendiri saat memakai batik. Menggabungkan batik dengan personal style masing-masing tetap terlihat fashionable dan menarik.

1. Judithya Pitana, Editor-in-Chief Popbela.com

Gaya Tim Popbela Pakai Batik, Masing-masing Punya Gaya UnikPopbela.com/Judithya Pitana

"Semakin kesini, batik jadi lebih bervariasi, mulai dari model sampai coraknya, buat gue jadi lebih semangat pakai batik dan lebih sadar pentingnya melestarikan kebudayaan Indonesia. Memadu-padankan dress batik dengan cardigan, mules dan topi membuat penampilan makin chic."

2. Michael Richards, Digital Fashion Editor

Gaya Tim Popbela Pakai Batik, Masing-masing Punya Gaya UnikPopbela.com/Michael Ricards

"Memberikan sedikit sentuhan batik adalah cara terbaru untuk tampil elegan. Terutama karena gue yang baru mencoba berbatik. Cukup menyematkan scarf batik pada pakaian serba hitam, ditambah sunglasses yang nggak kalah keren."

3. Andhina Effendi, Relationship Editor

Gaya Tim Popbela Pakai Batik, Masing-masing Punya Gaya UnikPopbela.com/Andhina Effendi

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

"Batik adalah identitas budaya Indonesia. Makanya sebagai orang Indonesia, aku merasa punya kewajiban untuk melestarikan batik Koleksi batik lumayan banyak, nih. Aku juga suka banget, karena tiap motif batik punya arti berbeda, tiap kota pun punya jenis batik dengan permainan warna yang beda pula. Ini merupakan tanda betapa kayanya budaya Indonesia. Tampil elegan dengan outerwear batik ditambah perhiasan minimalis sebagai penyempurna penampilan."

4. Niken Ari, Career & Lifestyle Writer

Gaya Tim Popbela Pakai Batik, Masing-masing Punya Gaya UnikPopbela.com/Niken Ari

"Memakai batik ke kantor jadi salah satu pilihan OOTD. Menurutku batik bukan sekadar seni yang tergores di atas helaian kain. Lebih dari itu, batik punya makna yang sakral, filosofis dan mengandung doa bagi si pemakainya. Senang rasanya bisa jalan-jalan ke Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta beberapa waktu lalu, sebab di sana aku belajar banyak makna motif batik yang jarang diketahui. Jadi makin bangga pakai batik."

5. Shavira, Beauty Writer

Gaya Tim Popbela Pakai Batik, Masing-masing Punya Gaya UnikPopbela.com/Shavira Annisa Putri

"Batik itu seperti melambangkan Indonesia. Kemanapun dan dimanapun kita berpijak, ketika melihat batik pasti ada perasaan dekat dengan Tanah Air. Salah satunya saat memilih pakai baju batik dengan sentuhan warna merah yang dibuat senada dengan lipstick."

6. Diza, Fashion Writer

Gaya Tim Popbela Pakai Batik, Masing-masing Punya Gaya UnikPopbela.com/Hafidhza Putri Andiza

Nah kalau ini aku! Jujur saking lamanya nggak pakai batik, aku harus bongkar isi lemari untuk mencari celana batik dua motif favoritku ini. Ingat banget, aku mendapatkan celana ini secara nggak sengaja di pasar saat jalan-jalan ke Yogyakarta beberapa waktu silam. 

Walau termasuk jarang pakai batik untuk pakaian sehari-hari, menurutku batik punya energi positif yang besar, selalu membuat pemakainya terlihat lebih menarik (at least untukku). Aku bisa merasa sangat keren ketika pakai batik walau hanya dikombinasikan dengan sneakers, blouse dan rompi panjang yang bertekstur. 

Baca Juga: Supaya Nggak Cepat Luntur, Begini Cara Mencuci Kain Batik yang Benar

Baca Juga: Deretan Seleb Luar Negeri yang Ketahuan Pernah Pakai Batik 

Baca Juga: Tampil Bold Pakai Pink Coat, Hadiah Ulang Tahun Terkeren!