Sudah bukan rahasia bahwa Miss Universe merupakan salah satu kontes kecantikan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh dunia. Mengumpulkan perempuan-perempuan cantik, pintar dan berkarakter menjadi daya tarik tersendiri yang nggak boleh terlewat. Siapa yang excited?

Baru berakhir, Miss Universe menetapkan Zozibini Tunzi sebagai Miss Universe 2019. Sebelumnya, perempuan asal Africa Selatan telah berhasil menjadi Miss South Africa di tahun yang sama. Selain Zozibini Tunzi, terdapat pemenang Miss Universe lainnya yang berkulit hitam dan tentunya membanggakan. Mulai penasaran dengan Miss Universe berkulit hitam, berikut tekah Popbela rangkum di bawah ini!

1. Janelle Commissiong

Deretan Pemenang Miss Universe Berkulit Gelap yang Bikin Kagum Dunia!Imbd.com

Bermula sejak tahun 1976 dengan mengikuti Miss Trinidad and Tobago, Janelle Commissiong langsung berhasil menjadi pemenang dan ikut mewakili negaranya pada ajang Miss Universe. Nggak berhenti membuat bangga, pada tahun 1977 Janelle Commissiong berhasil menang sebagai Miss Universe  dan dinyatakan sebagai perempuan berkulit hitam pertama yang menang di ajang tersebut. Kemenangannya sebagai Miss Universe membuka jalan untuk lebih menyuarakan hak-hak kulit hitam dan perdaiaman dunia.

2. Chelsi Smith

Deretan Pemenang Miss Universe Berkulit Gelap yang Bikin Kagum Dunia!People.com

Miss Texas USA di tahun 1994 menjadi kontes kecantikan pertama yang diikuti oleh Chelsi Smith. Berhasil menang, Chelsi Smith langsung melanjutkan karirnya dan menjadi pemenang sebagai Miss Universe 1995. Diakui, Chelsi Smith adalah salah satu pesaing yang cukup diandalkan, nggak heran jika Chelsi Smith adalah perempuan pertama dari Miss USA yang menjadi Miss Universe selama 15 tahun!

3. Wendy Fitzwilliam

Deretan Pemenang Miss Universe Berkulit Gelap yang Bikin Kagum Dunia!Pinterest.com

Setelah Janelle Commissiong, Wendy Fitzwilliam adalah perempuan kedua yang berasal dari Trinidad dan Tobago yang berhasil menjadi Miss Universe di tahun 1988. Setelah menyandang status baru sebagai Miss Universe, ia mendedikasikan hidupnya untuk meningkatkan kesadaran terhadap HIV/AIDS dan mendirikan Hibiscus Foundation in Trinidad & Tobago untuk raise responsiveness di daerah tersebut.

4. Mpule Kwelagobe

Deretan Pemenang Miss Universe Berkulit Gelap yang Bikin Kagum Dunia!CGTNAfrica.com

Mpule Kwelagobe dinobatkan sebagai Miss Universe pada Mei tahun 1999. Setelah menerima mahkota, ia terus mendapat apresiasi atas tindakannya terhadap hak-hak kesehatan manusia danketerlibatannya dalam melawan HIV/AIDS. 

5. Leila Lopes

Deretan Pemenang Miss Universe Berkulit Gelap yang Bikin Kagum Dunia!Thechristianpost.com

Leila Lopes lahir pada tahun 1986 di kota Banguela, Angola. Mulai ikut kontes kecantikan di tahun 2010, Leila Lopes berhasil menjadi pemenang sebagai Miss Angola UK. Tahun selanjutnya, ia mengikuti Miss Universe 2011 dan menjadi pemenang dan gelar pertama sebagai perempuan Angola yang mendapatkan gelar tersebut. Nggak hanya sampai situ saja, Leila Lopes juga memberikan kebahagiaan sebab menjadi pemenang Miss Universe perempuan kulit hitam lainnya setelah 12 tahun tidak pernah menang.

6. Zozibini Tunzi

Deretan Pemenang Miss Universe Berkulit Gelap yang Bikin Kagum Dunia!Justnje.com

Kembali terjadi di tahun 2019, Zozibini Tunzi sebagai Miss South Africa memiliki title baru sebagai Miss Universe 2019. Berhasil mengalahkan perempuan lainnya dari berbagai negara, Zozibini Tunzi berujar “Society has been programmed for a very long time that never saw beauty in a way that was Black girl magic, but now we are slowly moving to a time where women like myself can finally find a place in society, can finally know they’re beautiful.”

Baca Juga: Gaya Sensual Frederika Cull, Miss Universe Indonesia 2019