Semua pasti setuju  sweater wol adalah salah satu fashion item yang bisa buat kamu hangat saat musim dingin. Bukan hanya buat hangat seharian, sweater wol juga modis banget untuk di mix & match dengan pakaian lainnya. 

Namun, cara merawat bahan yang satu ini cukup tricky lho, Bela! Supaya lebih tahan lama, berikut telah Popbela rangkum 5 cara yang bisa membuat sweater wol awet dalam jangka waktu yang cukup lama. Yuk simak di bawah ini.

1. Menggantung bisa mengubah bentuk sweater wol, lho!

Supaya Awet, Begini Cara Merawat Sweater Wol yang Harus Kamu TahuGoodhousekeeping.com

Bela tahu nggak, bahwa sweater wol itu nggak boleh digantung, lho! Gaya gravitasi bumi mampu memisahkan serat-serat dan mengubah pola rajutan sweater wol. Biasanya, bagian yang paling terlihat berubah adalah bagian lengan, pundak dan leher. Lipat sweater wol dan letakkan di lemari pakaian yang memiliki akses udara adalah cara paling baik, sehingga sweater wol favoritmu terhindar dari bau tidak sedap.

2. Sikat secara lembut untuk mengembalikan serat sweater wol

Supaya Awet, Begini Cara Merawat Sweater Wol yang Harus Kamu TahuApeofgantlement.com

Jika sering dipakai, serat dan benang pada sweater wol bisa saja berubah. Bukan berubah lebih menarik, tapi malah terlihat kusam! Salah satu cara untuk mengembalikan serat dan benang pada sweater wol seperti sedia kala cukup dengan sikat pakaian. Cara ini dianggap ampuh untuk membuat sweater wol seperti baru. Jika nggak punya, kamu bisa gunakan sisir atau jari tangan kok, Bela.

3. Jangan cuci sweater wol terlalu sering!

Supaya Awet, Begini Cara Merawat Sweater Wol yang Harus Kamu TahuWoolandthegang.com

 Terlalu sering dicuci juga akan membuat serat pada sweater wol jadi cepat rusak. Sebaiknya, gunakan t-shirt, atau kemeja sebagai inner pada sweater wol, sehingga keringat tari tubuh nggak langsung menempel pada sweater wol.

4. Gunakan kamper untuk mencegah hama

Supaya Awet, Begini Cara Merawat Sweater Wol yang Harus Kamu TahuApeofgantlement.com

Salah satu cara untuk merawat sweater wol supaya lebih tahan lama adalah dengan memberikan kamper pada lemari pakaian atau tempat yang biasa kamu gunakan untuk menyimpan sweater wol. Kamper berguna untuk mencegah hama yang bisa menyebabkan sweater wol menjadi rusak. Sayang banget, jika sweater wol favoritmu habis dimakan hama?

5. Keringkan dengan mesin pengering

Supaya Awet, Begini Cara Merawat Sweater Wol yang Harus Kamu TahuThespruce.com

Sweater wol termasuk pakaian yang mudah menyerap air, sehingga setelah dicuci ada baiknya jika kamu keringkan terlebih dahulu dengan mesin pengering. Jika sweater wol sudah mulai mengering, kamu bisa berikan angin di udara terbuka. Hal itu bisa membuat sweater wol lebih awet dan tahan lama. Silahkan coba, Bela!

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Curi Perhatian Lewat Statement Sweater Ini