Sepatu bahan suede memamng pilihan yang tepat untuk dijadikan fashion item andalan. Terlihat lebih elegan, sepatu suede bisa digunakan ke berbagai occasion yang formal maupun kasual. Namun, sepatu yang cantik, jangan lupa untuk di rawat ya, Bela.

Perlu diperhatikan bahwa bahan suede adalah salah satu bahan yang rentan air serta debu. Hmm.. terlihat tricky saat merawatnya, padahal sepatu suede juga mudah kok untuk dirawat dan dibersihkan. Berikut telah Popbela rangkum cara merawat sepatu suede yang bisa kamu coba! Tenang, nggak perlu membawanya ke shoes laundry, kamu bisa merawatnya dirumah, kok. Let's check this out.

1. Gunakan cuka putih untuk noda ringan dan berat

Cara Merawat Sepatu Suede bagi Pemula!Wikihow.com

Pilihan pertama yang bisa kamu coba adalah cuka putih. Cuka putih diyakini mampu membersihan noda-noda ringan ataupun noda berat. Membersihkan noda ringan seperti kopi atau soda, kamu bisa menggunakan tisu atau kain yang memiliki permukaan bertekstur. jika noda pada sepatumu cukup berat atau terasa susah dibersihkan, gunakan handuk bersih, usah beberapa kali hingga noda memudar.

2. Oleskan bedak tabur semalaman di atas noda sepatu suede

Cara Merawat Sepatu Suede bagi Pemula!Safewise.com

Kamu bisa gunakan bedak tabur untuk cara lainnya. Tepuk-tepuk secara gentle area yang kotor dengan kain atau handuk yang bersih, kemudian cukup oleksan satu lapis bedak tabur. Bedak tabur diyakini mampu membersihkan noda dalam waktu semalaman lho, Bela! Jika sudah didiamkan selama semalaman, sikat dengan untuk menghapus bubuk yang tertiggal di atas sepatu suede milikmu.

3. Semprotkan spray pelindung secara merata pada permukaan sepatu suede.

Cara Merawat Sepatu Suede bagi Pemula!Twistmepreety.com

Rawat sepatu suede dengan spray pelindung sepatu. Spray pelindung bisa kamu dapatkan di toko reparasi sepatu atau toko-toko sepatu yang menyediakan spray pelindung ini, kok. Tenang, cara menggunakan spray untuk pelindung sepatu suede cukup mudah. Sebelum disemprotkan, sikat seluruh permukaan sepatu suede supaya lebih bersih, lalu kamu bisa mulai menyemprotkan keseluruh permukaan sepatu secara merata dan menyeluruh. Spray pelindung akan membuat kotoran tidak mudah menempel dan menyerap ke bahan suede pada sepatumu.

4. Gosok sepatu dengan sikat gigi bersih

Cara Merawat Sepatu Suede bagi Pemula!Skolyx.com

Sepatu suede favoritmu sudah terlihat tanda-tanda kerusahkan? Jangan langsung dibuang! Coba usahakan untuk membersihkan dan merawatnya, Bela. Cara pertama, letakkan sepatu suede di atas uap selama beberapa detik, kemudian gosok dengan sikat gigi bersih atau handuk bertekstur. Mudah, kan?

5. Nail buffer sebagai pengganti sikat

Cara Merawat Sepatu Suede bagi Pemula!DHgates.com

Cara terakhir untuk merawat sepatu suede adalah dengan menggunakan nail buffer. Iya, Bela! Nail buffer yang biasa kamu gunakan untuk kuku supaya makin cantik bisa digunakan untuk merawat sepatu suede. Cukup gosok di permukaan sepatu suede, lalu seketika sepatumu akan kembali bersih. Nail buffer memiliki tekstur yang lebih lembut, sehingga bisa dijadikan pengganti sikat. Dijamin sepatu suede milikmu akan jauh lebih shining shimmering splendid!

Baca Juga: Upgrade Gayamu Jadi Lebih Keren dengan Bahan Suede