Setiap harinya jumlah orang yang positif terkena virus corona atau Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Hal itupun yang membuat pemerintah menganjurkan seluruh masyarakat harus menggunakan masker ketika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah. Eits walau begitu, nggak perlu pusing apalagi panic buying mencari surgical mask, Bela. Biarkan surgical mask dipakai oleh orang sakit dan tenaga medis yang lebih membutuhkan. Kamu sebagai pihak yang sehat dan hanya mencegah penyebaran virus corona cukup menggunakan masker kain yang bisa digunakan berulang-ulang kok. 

Yup, kamu bisa cari masker kain yang yang juga efektif menangkal polusi atau mencegah sentuhan tangan ke wajah dan mulut. Walau lebih hemat, kamu perlu menjaga kebersihan masker dengan cara dicuci secara rutin. Wajib hukumnya mencuci masker setelah digunakan, paling nggak 4 jam pemakaian. Caranya mudah, ikuti tips-tips di bawah ini, maka masker kain milikmu sudah bersih dan bisa digunakan kembali.

1. Sudah bukan rahasia jika air panas efektif membunuh kuman. Gunakan air dengan suhu 140-150°F cukup untuk merendam masker kain sebelum dicuci diyakini dapat membunuh sebagian besar virus.

Jangan Hiraukan! Begini Cara Mencuci Masker Kain yang BenarThespruce.com

2. Alternatif lainnya, kamu bisa merendam masker kain dengan memasukkan detergen secukupnya kedalam air panas. Setelah tunggu beberapa menit, Kucek masker kain beberapa saat atau hingga kotoran luruh.

Jangan Hiraukan! Begini Cara Mencuci Masker Kain yang BenarThespruce.com

3. Sebagai langkah terakhir dalam proses pencucian, sebaiknya bilas masker kain di bawah air mengalir hingga busa hilang secara sempurna.

Jangan Hiraukan! Begini Cara Mencuci Masker Kain yang BenarPinterest.com

4. Terdapat beberapa pilihan yang bisa kamu coba saat mengeringkan masker kain, bisa dengan pengering panas atau cukup di bawah sinar matahari.

Jangan Hiraukan! Begini Cara Mencuci Masker Kain yang BenarPinterest.com

5. Hal terakhir yang nggak kalah penting, jangan lupa untuk menyetrika masker kain sebelum dipakai. Menyetrika dengan suhu panas bisa memastikan bakteri dan virus.

Jangan Hiraukan! Begini Cara Mencuci Masker Kain yang BenarPinterest.com

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Masker Kain Trendi dari Brand Lokal

Baca Juga: Waspada Corona! Ini Beberapa Masker Fashion Buatan Desainer Lokal

Baca Juga: Donasi Kim Kardashian West untuk Melawan Corona