Beberapa waktu belakangan ini, kota Jakarta dan sekitarnya sedang dilanda musim hujan yang cukup deras, Bela. Hal itu mengakibatkan terjadinya banjir besar dibeberapa titik. Bencana alam yang terjadi, sudah pasti mengakibatkan berbagai kerugian, termasuk pakaian yang kotor akibat lumpur. Setelah banjir surut, kamu bisa langsung membersihkan pakaian-pakaianmu sehingga terhindar dari berbagai kuman hingga jamur. Ikuti tips di bawah ini untuk membersihkan pakaianmu dari lumpur akibat banjir.

1. Sebelum mencuci pakaian yang kotor akibat banjir, lindungi tanganmu dengan sarung tangan berbahan karet atau plastik supaya terhindar dari kuman dan kotoran.

Penting! Begini Cara Mudah Cuci Pakaian dari Noda Lumpur Akibat BanjirJollychic.com

2. Langsung mencuci pakaian ketika noda lumpur masih basah akan membuat noda semakin meluas. Sebaiknya tunggu noda lumpur menjadi kering sehingga memudahkanmu dalam mencuci pakaian.

Penting! Begini Cara Mudah Cuci Pakaian dari Noda Lumpur Akibat BanjirThespruce.com

3. Jika noda lumpur sudah kering, kikis noda dengan benda tumpul seperti sendok atau spatula karet. Hal ini dilakukan untuk menghindari pakaian menjadi sobek.

Penting! Begini Cara Mudah Cuci Pakaian dari Noda Lumpur Akibat BanjirThespruce.com

4. Gunakan air panas ketika akan mencuci pakaian dengan noda lumpur yang menempel. Air panas diyakini akan membuat noda lebih mudah hilang tanpa membuat tekstur pakaian menjadi berubah.

Penting! Begini Cara Mudah Cuci Pakaian dari Noda Lumpur Akibat BanjirThespruce.com

5. Andalkan detergen untuk membersihkan pakaian dari noda lumpur. Tuang detergen cair keatas noda, diamkan beberapa menit lalu kucek dibagian noda tersebut. Jika noda masih membandel, gunakan alat bantu seperti sikat gigi.

Penting! Begini Cara Mudah Cuci Pakaian dari Noda Lumpur Akibat BanjirBetterhomeandgarden.com

6. Hal penting selanjutnya, pisahkan pakaian yang terkena noda lumpur dengan pakaian biasanya sehingga noda tidak menyebar ke pakaian yang sudah bersih.

Penting! Begini Cara Mudah Cuci Pakaian dari Noda Lumpur Akibat BanjirCleanpedia.com

7. Noda lumpur masih tampak pada pakaianmu? Jangan ragu untuk mencuci ulang dengan cara yang sama. Setelah bersih, kamu bisa langsung jemur pakaianmu di bawah sinar matahari.

Penting! Begini Cara Mudah Cuci Pakaian dari Noda Lumpur Akibat BanjirCollege.com

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Jangan Ragu Andalkan Sweater saat Musim Hujan