27 Agustus 2020 menjadi hari duka untuk masyarakat, khususnya pecinta mode Indonesia. Desainer mode, Barli Asmara menghembuskan napas terakhirnya di Bali setelah melawan penyakit yang dideritanya. Bermula dari beredaranya komentar yang diunggah sahabat-sahabatnya di Instagram, menyampaikan duka cita dan rasa tidak percaya bahwa Barli Asmara telah tiada.

Tentu hal ini sangat mengejutkan. Pasalnya beberapa bulan terakhir Barli Asmara cukup aktif mengeluarkan koleksi ready-to-wear dan haute couture hingga project kolaborasi dengan publik figur tanah air.

Barli Asmara Meninggal Dunia, Ini Karya Busana TerakhirnyaInstagram.com/barliasmara

Koleksi Unchained merupakan koleksi terakhir yang dikeluarkan oleh Barli Asmara sebelum wafat. Terinspirasi oleh individu yang berani mengekspresikan diri, Barli Asmara membuat 6 pakaian yang kental dengan nuansa vintage, puff sleeve dan lace. Koleksi Unchained menampilkan sisi feminin yang strong pada setiap busana.

Barli Asmara Meninggal Dunia, Ini Karya Busana TerakhirnyaInstagram.com/barliasmara

Para project terakhirnya, Barli Asmara menggandeng sosok publik figur sebagai muse, ialah Okky Asokawati dan Jovi Adhiguna. Keduanya diyakini dapat merepresentasikan personality yang dituangkan dalam koleksi Unchained.

Barli Asmara Meninggal Dunia, Ini Karya Busana TerakhirnyaInstagram.com/barliasmara

Kilas balik saat masa pandemi, ternyata nggak menghentikan Barli Asmara untuk berkarya. Barli Asmara berkolaborasi dengan Dwi Handayani Syah Putri mengeluarkan koleksi Savanna yang diberi nama Malika Dress, identik dengan aksen puff sleeve dan ruffles yang timeless. Hadir dalam banyak warna, salah satu yang jadi favorit adalah warna hijau yang membuat penampilan menjadi terlihat lebih menawan dan natural.

Baca Juga: Desainer Indonesia Barli Asmara Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Rekomendasi Perhiasan Mewah dari Brand Lokal

Baca Juga: Kontroversi! 5 Rancangan Desainer yang Terinspirasi dari Simbol Agama