Semakin berkembangnya zaman, permasalahan mengenai limbah belum juga terselesaikan. Percaya nggak percaya, salah satu sumber limbah paling banyak di bumi berasal dari pakaian lho. Nggak heran jika saat ini kampanye aksi cinta bumi dengan memilih sustaiable fashion semakin gencar dimana-mana.

Secara harfiah, sustainable fashion adalah aksi tanggung jawab memilih pakaian untuk mempertimbangkan dampak lingkungan, sosial dan ekonomi pada keseluruhan proses daur hidup produk. Nggak hanya dilakukan oleh produsen pakaian, para konsumen juga dapat ikut serta menerapkan penggunaan fashion berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya.

1. Memilih materi pakaian yang ramah lingkungan jadi salah satu cara menerapkan sustainable fashion. Pakaian menggunakan bahan berserat alami seperti tencel, katun dan linen yang ditanam tanpa pestisida kimia dinilai lebih aman.

Arti Sustainable Fashion dan Cara Menerapkannya dalam BerpakaianPinterest.com

2. Mulai menerapkan zero waste pattern dalam berpakaian. Artinya kamu bisa memakai sisa pola pakaian untuk dibuat pakaian baru sehingga tidak menyisakan limbah bahan pakaian.

Arti Sustainable Fashion dan Cara Menerapkannya dalam BerpakaianPinterest.com

3. Mengurangi limbah air, hindari mencuci baju dalam jumlah kecil. Cara alternatifnya, kamu bisa mencuci baju kotor selama seminggu secara bersamaan di akhir pekan.

Arti Sustainable Fashion dan Cara Menerapkannya dalam BerpakaianGQ.com

4. Saat belanja pakaian baru sebaiknya pilih pakaian dengan kualitas bagus sehingga memiliki masa pakai yang lama. Belanja pakaian dengan bijak juga ikut menjaga lingkungan lho. Ingat, baju kamu juga bisa diturunkan ke anak-cucu nantinya.

Arti Sustainable Fashion dan Cara Menerapkannya dalam BerpakaianGoodhousekeeping.com

5. Mulai terapkan reuse recycle repair dan upcycle dalam kehidupan sehari-hari. Pakaian yang rusak, kamu bisa perbaiki atau jahit ulang. Sudah merasa bosan, menjual baju preloved dinilai lebih baik daripada dibuang.

Arti Sustainable Fashion dan Cara Menerapkannya dalam BerpakaianPinterest.com

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Rekomendasi Pakaian Sustainable Fashion dari Brand Lokal

Baca Juga: Tips Belanja Thrift Secara Online, Aman dan Nyaman

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Celana Jogger Trendi dari Brand Lokal