Jam tangan merupakan salah satu aksesori fashion yang digemari banyak wanita. Meskipun begitu, jam tangan bukanlah fashion item yang terbilang murah, khususnya jika dijadikan koleksi. Salah satu contohnya ialah jam tangan berbahan stainless steel. Meski terlihat mewah dan elegan, jam tangan stainless steel perlu dirawat dengan baik untuk menjaga kilapnya dan tidak cepat kusam.

Jangan khawatir, Popbela punya tips perawatan khusus untuk jam tangan berbahan stainless steelSimak selengkapnya di bawah ini.

1. Biasakan mengelap jam tangan sebelum disimpan

Tips Merawat Jam Tangan Stainless Steel Supaya Awet dan Tahan Lamacosterdiamonds.com

Sebaiknya hindari menyimpan jam tangan dalam keadaan kotor, karena dapat menyebabkan kotoran dan bercak noda jadi menempel. Hal ini dapat membuat permukaan stainless steel menjadi cepat rusak. Maka dari itu, biasakan untuk membersihkan jam tangan menggunakan kain lap berbahan microfiber yang lembut.

2. Hindari jam tangan dari paparan parfum ataupun lotion

Tips Merawat Jam Tangan Stainless Steel Supaya Awet dan Tahan Lamaglobalcosmeticsnews.com

Selalu lepaskan jam tangan sebelum penggunaan parfum maupun lotion. Zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat merusak warna stainless steel dan menjadi cepat kusam. Produk perawatan kulit lainnya juga sebaiknya dilakukan beberapa saat sebelum mengenakan jam tangan.

3. Bersihkan jam tangan secara rutin

Tips Merawat Jam Tangan Stainless Steel Supaya Awet dan Tahan Lamatruefacet.com

Supaya tetap awet dan mengilap, jam tangan stainless steel perlu dibersihkan secara berkala, khususnya untuk jam tangan yang sering dipakai. Pastikan jam tangan bersih dari bekas keringat, kotoran, dan noda yang melekat. Cukup campurkan air hangat dan sabun cuci piring, kemudian gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat sela-sela rantai pada jam tangan hingga bersih maksimal.

4. Simpan jam tangan di tempat yang kering

Tips Merawat Jam Tangan Stainless Steel Supaya Awet dan Tahan Lamaazyaamode.com

Setelah selesai dibersihkan, simpan jam tangan di tempat yang kering. Tempat penyimpanan yang lembap dapat menyebabkan stainless steel menjadi cepat kusam dan lama kelamaan akan merusak mesin jam tangan. Simpan di dalam boks yang dilengkapi dengan silica gel untuk menjaganya tetap kering. Hindari menyimpan di sekitar benda elektronik yang dapat mengganggu ketepatan waktu pada jam tangan.

5. Poles jam tangan secara berkala

Tips Merawat Jam Tangan Stainless Steel Supaya Awet dan Tahan Lamastrapmillcanada.com

Seiring berjalannya waktu, material stainless steel tentu lama kelamaan akan terlihat kusam. Maka dari itu, tetap jaga kilapnya dengan menggunakan cairan khusus pembersih stainless steel. Semprotkan sedikit ke permukaan jam tangan dan gosok secara perlahan. Dengan begitu, jam tangan akan kembali mengilap seperti baru.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Bersihkan Karat pada Jam Tangan

Baca Juga: Tips Memilih Jam Tangan untuk Pergelangan Tangan Berisi

Baca Juga: Ini Dia Cara Simple Merawat Jam Tangan