Nggak hanya rok dan baju, tren plisket juga banyak digemari pada gaya kain hijab. Hijab plisket punya ciri khas lipatan pada kainnya, buat penampilan jadi makin bergaya. Meski kelihatan cantik, lipatan pada hijab plisket butuh perhatian khusus dalam perawatannya, lho. 

Buat bentuk lipatan pada hijab plisket jadi lebih awet dan tahan lama dengan lima tips merawat dari Popbela. Selengkapnya simak di bawah ini.

1. Selalu cuci dengan tangan

Ini 5 Tips Merawat Hijab Plisket Supaya Lipatannya Tahan Lamafreepik.com

Sama seperti perawatan hijab pada umumnya, sebaiknya hindari mencuci hijab plisket dengan mesin cuci. Rendam sebentar hijab plisket dan cuci secara manual menggunakan tangan. Hindari mengucek, menyikat, atau memeras hijab plisket karena dapat merusak bentuk lipatannya. Cukup dicelup-celupkan saja, hijab plisket tetap bersih kok.

2. Cukup gunakan sampo

Ini 5 Tips Merawat Hijab Plisket Supaya Lipatannya Tahan Lamahomestratosphere.com

Daripada menggunakan detergen, lebih baik gunakan sampo untuk mencuci hijab plisket. Sampo punya bahan yang lebih ringan namun tetap membersihkan hijab. Ini dilakukan untuk membuat bahan hijab plisket lebih terjaga dan nggak mudah kaku.

3. Jangan terlalu lama menjemur hijab plisket

Ini 5 Tips Merawat Hijab Plisket Supaya Lipatannya Tahan Lamaflickr.com

Jika sudah dicuci, jemur hijab plisket di tempat yang teduh dan berangin. Hindari menjemur terlalu lama di bawah paparan sinar matahari. Bahan plisket yang terkena panas dalam jangka waktu yang lama dapat beresiko jadi menyusut dan mengubah bentuk aslinya.

4. Nggak perlu disetrika

Ini 5 Tips Merawat Hijab Plisket Supaya Lipatannya Tahan Lamasmoothwares.com

Berbeda dengan jenis kain hijab lain, hijab plisket nggak perlu disetrika. Karena nggak dikucek dan diperas, hijab plisket jadi nggak mudah lecek. Jangan salah, menyetrika hijab plisket justru akan merusak lipatannya, lho. Setrika hijab plisket dengan mengikuti jalur lipatannya jika terpaksa menyetrika hijab plisket yang kusut. Lakukan dengan teliti dan hati-hati ya, Bela.

5. Simpan dengan cara diikat dan digantung

Ini 5 Tips Merawat Hijab Plisket Supaya Lipatannya Tahan Lamalazada.co.id

Teknik penyimpanan hijab plisket memang agak berbeda dari hijab pada umumnya. Simpan hijab plisket dengan cara diikat dan digantung untuk membantu menjaga bentuk dan keawetan lipatannya. Hindari menyimpan hijab plisket dengan cara dilipat karena akan menghasilkan lipatan baru dengan arah berbeda dan membuat lipatan aslinya jadi patah-patah.

Baca Juga: Tips & Trik Merawat Hijab Sifon Supaya Tidak Cepat Rusak

Baca Juga: Kenali Yuk! 10 Jenis Kain Hijab dan Karakteristiknya

Baca Juga: Tips Merawat Hijab Beads Supaya Nggak Cepat Rusak, Makin Awet!