Kain hijab kini hadir dengan berbagai macam pilihan bahan. Mulai dari yang tipis sampai tebal, jenis bahan kain hijab yang sangat beragam terkadang membuat kita bingung dalam menentukan hijab yang pas. Baik tampilan maupun nama bahan yang mirip membuat beberapa jenis kain hijab jadi sering tertukar, seperti bahan wollycrepe dan moscrepe. 

Meski punya nama dan tekstur yang mirip, bahan wollycrepe dan moscrepe tetap punya beberapa perbedaan, lho. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Karakteristik bahan wollycrepe

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepedragonflyfabrics.co.uk

Wollycrepe merupakan perpaduan kain wool dan crepe, yang memiliki karakteristik bahan yang stabil seperti wool namun memiliki tekstur berkerut seperti kain crepe. Dibandingkan dengan kain crepe lainnya, bahan wollycrepe memiliki tekstur bahan yang paling halus. Jenis bahan ini juga terkenal dengan kelebihan kainnya yang tidak mudah kusut, ringan namun tidak menerawang, dan terasa lembut saat disentuh. Meskipun begitu, beberapa jenis bahan wollycrepe memiliki serat yang tidak mudah menyerap keringat dan kurang elastis.

2. Jenis bahan wollycrepe

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepeharrington-fabric-and-lace.co.uk

Selain dijadikan sebagai bahan dasar kain hijab, wollycrepe juga sering dibuat sebagai dress maupun gamis. Beberapa jenis bahan wollycrepe yang cukup populer di Indonesia di antaranya ialah bubble crepe, arabian crepe, crezia crepe, dan diamond italiano. Kisaran harganya sendiri bergantung pada jenis dan kualitas bahan yang ditawarkan.

3. Karakteristik bahan moscrepe

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepekonveksihasan.com

Selain wollycrepe, moscrepe juga merupakan salah satu jenis bahan crepe yang memiliki tekstur yang menyerupai pasir namun tidak terlalu kasar. Moscrepe memiliki karakteristik bahan yang lentur dan tipis. Jika dipakai, bahan ini akan terasa adem dan mampu menyerap keringat lebih baik. Namun, kekurangan dari bahan moscrepe sendiri ialah bahannya yang ringan membuatnya lebih rentan terbakar jika disetrika dengan suhu yang terlalu panas.

4. Jenis bahan moscrepe

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepetopfabric.co.uk

Biasa dijual dengan harga yang terjangkau, bahan moscrepe memiliki beberapa jenis yang tentunya dengan kualitas yang berbeda. Beberapa jenis bahan moscrepe di antaranya ialah diamond crepe, moscrepe import, dan premium moscrepe. Jenis bahan moscrepe pun turut mempengaruhi kualitas dan keawetan bahan.

5. Perbandingan bahan wollycrepe dan moscrepe

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepenewtess.com

Meskipun sama-sama memiliki sifat bahan yang tidak mudah kusut dan teksturnya yang berkerut, wollycrepe dan moscrepe punya beberapa perbedaan. Bahan moscrepe memiliki bahan yang cenderung lebih tipis dibandingkan dengan bahan wollycrepe, sehingga lebih mudah terbakar jika disetrika dengan suhu yang tinggi. Meskipun begitu, bahannya yang lebih mudah menyerap keringat membuat bahan moscrepe lebih nyaman untuk dipakai sehari-hari dibandingkan dengan bahan wollycrepe yang lebih tebal.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang Bahan Polycotton

Baca Juga: Kenali Yuk! 10 Jenis Kain Hijab dan Karakteristiknya

Baca Juga: Nyaman Dipakai, Ini 5 Jenis Kain yang Bagus untuk Bahan Kemeja