Sebagai alat ibadah yang dipakai sehari-hari, mukena jadi rentan berjamur dan bau apek. Permasalahan ini banyak ditemui akibat permukaannya yang sering terkena basah dari air wudhu. Kondisi mukena yang lembap dan bau tentu akan membuat ketidaknyamanan saat beribadah.

Maka dari itu, kamu perlu tahu cara merawat mukena yang benar. Simak tips selengkapnya di bawah ini.

1. Cuci mukena dengan tangan secara teratur

Anti Jamur dan Bau Apek, Begini Cara Merawat Mukena yang Benarmykaji.kao.com

Supaya mukena anti bau apek, pastikan selalu mencuci mukena secara teratur. Karena sering dipakai, mukena jadi rentan lembap dan bau. Sebaiknya cuci mukena menggunakan tangan supaya lebih awet dan tahan lama. Proses pencucian yang terlalu kasar pada mesin cuci dapat beresiko membuat serat kain mukena yang tipis jadi cepat rusak dan karetnya cepat mengendur.

2. Jangan terlalu sering menggunakan pemutih

Anti Jamur dan Bau Apek, Begini Cara Merawat Mukena yang Benarmarthastewart.com

Meski ampuh menghilangkan noda pada mukena putih, hindari penggunaan pemutih pakaian yang berlebihan. Terlalu sering menggunakan pemutih dapat merusak serat kain mukena. Cukup gunakan pemutih jika terdapat noda yang membandel.

3. Gunakan pelembut dan pelicin pakaian

Anti Jamur dan Bau Apek, Begini Cara Merawat Mukena yang Benarcleanipedia.com

Karena kain mukena biasanya kaku dan mudah kusut, andalkan pelembut pakaian saat proses pencucian. Selain itu, gunakan pelicin pakaian saat menyetrika mukena supaya mukena jadi lebih rapi dan anti kusut. Mukena pun akan jadi lebih wangi dan tentunya anti bau apek.

4. Hindari terkena paparan panas yang berlebihan

Anti Jamur dan Bau Apek, Begini Cara Merawat Mukena yang Benarbitzngiggles.com

Jika mukena sudah selesai dicuci, sebaiknya hindari mukena dari paparan panas yang berlebihan, seperti menjemur di bawah sinar matahari atau menyetrika dengan suhu yang tinggi. Ini karena panas dapat mengakibatkan warna mukena jadi cepat pudar. Selain itu, menyetrika dengan suhu yang terlalu tinggi beresiko membuat mukena jadi mudah terbakar karena kainnya yang tipis.

5. Simpan mukena dengan cara digantung

Anti Jamur dan Bau Apek, Begini Cara Merawat Mukena yang Benarproductnation.co

Karena sering digunakan dalam keadaan basah, sebaiknya selalu simpan mukena dengan cara digantung. Ini dilakukan agar mukena lebih cepat kering dan terangin-angin. Melipat mukena hanya akan meningkatkan resiko timbulnya jamur dan bau apek. Kamu pasti nggak mau, kan?

Baca Juga: Inspirasi Busana Lebaran Pakai Outfit Putih untuk Hijabers

Baca Juga: Tampil Modis di Bulan Ramadan, Intip Outfit Hijab a La Seleb Indonesia

Baca Juga: Inspirasi Modest Wear untuk Outfit Manis di Idul Fitri