Saat musim hujan seperti ini, nggak jarang kamu pulang ke rumah dengan keadaan basah, termasuk pada sepatu. Walau sudah siaga bawa payung, sepatu bisa saja tetap basah karena cipratan air hujan. Proses pengeringan sepatu yang cenderung lama tanpa adanya terik matahari seringkali buat sepatu malah jadi bau. Jangan khawatir, Popbela punya beberapa tips dan cara mengeringkan sepatu basah dengan cepat. Let's check!

1. Coba gunakan pengering mesin cuci

Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepatfootwearnews.com

Kamu bisa gunakan fitur pengering di mesin cuci untuk mengeringkan sepatu basah dengan cepat. Walau praktis, kamu tetap harus hati-hati, Bela. Hanya beberapa model sepatu yang boleh dimasukkan ke dalam pengering mesin cuci, seperti sepatu yang terbuat dari bahan kanvas, katun, dan sintetis. Selain itu, sebaiknya sepatu yang kamu keringkan di mesin cuci hanya sepatu dengan sol yang tidak keras dan bukan dibuat dari gel.

2. Nggak hanya untuk rambut, hair dryer juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan sepatu dengan cepat

Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepatpinterest.com/popsugar

Menggunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan sepatu yang basah sebenarnya cukup praktis, lho. Kamu tinggal keringkan sepatu seperti layaknya mengeringkan rambut dengan hair dryer. Cukup mudah, kan?

3. Selain hairdryer, microwave juga oke

Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepatdepositphotos.com

Kamu bisa memanfaatkan panas dari microwave untuk mengeringkan sepatumu lho. Panas yang ada di dalam microwave dapat menguapkan kandungan air yang ada di sepatu basah. Caranya, tinggal memasukkan sepatu ke dalam microwave selama 15-30 menit dengan suhu sedang. Jangan terlalu lama karena sepatumu bisa rusak jika ditinggal terlalu lama di dalam microwave.

4. Kipas angin bisa digunakan untuk mengeringkan sepatu basah

Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepatpinterest.com/dunelmuk

Punya kipas angin meja atau lantai, kamu juga bisa manfaatkan untuk mengeringkan sepatu basah. Kamu bisa akali dengan menggantungkan sepatu di sela-sela jeruji kipas angin menggunakan alat bantu yang bisa kamu temukan di rumah. Cara ini akan lebih efektif jika ukuran kipas kamu sedikit lebih besar dibandingkan ukuran sepatu.

5. Coba masukkan sepatu basah ke dalam beras

Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepatdepositphotos.com

Sama halnya ketika coba mengeringkan handphone yang basah, kamu juga bisa coba mengeringkan sepatu yang lembap ke dalam beras. Beras dapat menyerap kandungan air yang ada di sepatu. Gunakan wadah yang besar dengan beras yang cukup banyak, kemudian masukkan sepatumu dan tutup wadahnya. Jangan masukkan sepatu yang terlalu basah ya, supaya beras tidak banyak menempel di sepatu.

6. Keringkan dengan alat pengering sepatu elektrik

Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepatamazon.com

Cara yang paling cepat dan efektif dalam mengeringkan sepatu yang basah ialah dengan alat pengering sepatu elektrik yang sekarang sudah bisa kamu beli dimana-mana. Alat pengering sepatu mampu mengeluarkan udara panas yang dapat cepat mengeringkan sepatu dalam kondisi sangat basah sekalipun. Memiliki teknologi fast dry, alat ini mampu mengeringkan sepatu yang lembap dalam waktu 1 jam, sedangkan sepatu basah dapat memakan waktu 3 jam. Selain itu alat ini juga dapat menghilangkan bau dan bakteri yang ada di sepatu.

Baca Juga: Tips Merawat Sepatu Converse, Makin Bersih dan Awet

Baca Juga: Tips Merawat Sepatu Sesuai Bahan Saat Musim Hujan

Baca Juga: Cara Merawat Sepatu Putih Anti Mager