Punya material dasar yang berbeda, maka akan berbeda pula cara penanganan noda yang menempel pada tas. Jangan asal digosok! Noda justru bisa tambah melebar pada tas dengan material tertentu jika kamu coba bersihkan dengan cara digosok.

Supaya nggak salah cara penanganannya, yuk simak tips membersihkan noda pada tas sesuai bahan materialnya. Keep scrolling!

1. Tidak sengaja menumpahkan sesuatu pada tas kanvas, cek terlebih dahulu label instruksi perawatan pada tas. Ambil kain kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat dan tempelkan ke bagian noda selama beberapa kali. Jika noda sedikit membandel, gunakan sikat halus dan lanjutkan proses pencucian menggunakan detergen.

Cara Membersihkan Noda pada Tas Sesuai Bahan Materialnyapinterest.com

2. Trik untuk menghilangkan noda pada tas berbahan suede ialah hindari membasahi permukaan tas. Bahan suede mudah menyerap air sehingga beresiko mengalami perubahan warna. Tuangkan cuka putih pada lap kain dan gosokkan pada bagian noda hingga memudar. Untuk noda kering, coba gunakan penghapus pensil untuk menghapus noda tersebut.

Cara Membersihkan Noda pada Tas Sesuai Bahan Materialnyaelle.com

3. Sebelum membersihkan noda pada straw bag, sebaiknya lapisi dengan bantalan untuk menjaga bentuk tas. Celupkan sikat gigi bekas ke dalam campuran sabun dan gosok permukaan yang terkena noda secara perlahan. Untuk membersihkan debu yang menempel pada sela-sela anyaman, gunakan penyedot debu dengan sikat di bagian ujungnya.

Cara Membersihkan Noda pada Tas Sesuai Bahan Materialnyathespruce.com

4. Tas dengan bahan nylon pada dasarnya mudah untuk dirawat dan lebih tahan lama. Apabila tas nylon-mu terkena noda, cukup gunakan sikat gigi halus dan gosok dengan gerakan melingkar. Kemudian usap dengan kain basah hingga noda terlihat memudar dan keringkan.

Cara Membersihkan Noda pada Tas Sesuai Bahan Materialnyabusinessoffashion.com

5. Produk khusus bahan kulit akan sangat berguna untuk membersihkan noda pada tas kulit. Saat terkena noda, segera usap permukaan tas menggunakan tisu atau kain halus. Setelah kering, aplikasikan leather conditioner untuk menjaga kualitas tekstur kulit.

Cara Membersihkan Noda pada Tas Sesuai Bahan Materialnyautkaltoday.com

Baca Juga: Tips & Trik Merawat Tas Berbahan Kulit Supaya Lebih Awet

Baca Juga: 8 Cara Membawa Tas Ini Bisa Gambarkan Karaktermu

Baca Juga: Inspirasi Outfit Pakai Shoulder Bag a La Tahun 90-an yang Modis Banget