Kain sutra memang terkenal dengan harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Proses pembuatan yang rumit dan sejarahnya yang dahulu dipakai oleh kaum bangsawan jadi salah satu faktor mahalnya kain ini. Meskipun begitu, masih banyak yang belum bisa membedakan antara kain sutra asli dengan imitasi.

Supaya nggak salah beli, yuk kenali perbedaan kain sutra asli dengan yang palsu. Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Cermati dengan teliti kualitas tenunnya. Kain sutra asli biasanya dibuat dengan tangan, sehingga terdapat beberapa ketidaksempurnaan dalam proses penenunannya.

Cara Membedakan Kain Sutra yang Asli dan Palsupinterest.com

2. Perhatikan dengan baik penampilan dari kain sutra. Kilauan kain sutra yang asli lebih khas dari kain lain. Ini karena sifat kilauannya yang memantulkan cahaya dengan cara yang berbeda.

Cara Membedakan Kain Sutra yang Asli dan Palsumedium.com

3. Jangan samakan kain sutra dengan satin. Meski sama-sama licin dan berkilau, namun sutra terbuat dari bahan alami sedangkan satin terbuat dari bahan sintetis atau buatan.

Cara Membedakan Kain Sutra yang Asli dan Palsupinterest.com

4. Rasakan permukaan kain sutra dengan teliti. Coba sentuh kainnya dan rasakan kelembutannya. Sutra asli benar-benar terasa halus dan permukaannya menjadi hangat saat disentuh.

Cara Membedakan Kain Sutra yang Asli dan Palsushutterstock.com

5. Jangan sampai tertipu harga yang mahal. Hati-hati saat membeli kain sutra secara online. Sebaiknya lebih teliti dalam memilih toko online yang terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Cara Membedakan Kain Sutra yang Asli dan Palsufalconeri.com

Baca Juga: Pengganti Kain Sutra, Ini Kelebihan Bahan Viscose

Baca Juga: Tips & Trik Memakai Pashmina Satin Supaya Anti Licin

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Tampil Mewah dengan Dress Satin dari Brand Lokal