Bicara soal pandemi, hampir semua sektor mengalami dampaknya tak terkecuali industri fashion tanah air. Meski demikian, pandemi tidak menyurutkan upaya sejumlah penggiat fashion untuk terus berkaya dan bersama-sama menyebarkan semangat fashion yang berkelanjutan atau sustainable fashion yang kini menjadi sorotan untuk terus digalakkan di seluruh dunia.

Seperti yang dilakukan Asia Pasific Rayon (APR) nih, Bela. Produsen serat viscose-rayon berkelanjutan ini tak berhenti mendukung kreasi penggiat fashion di Indonesia dengan sejumlah kolaborasi. Kali ini, APR menggandeng Imaji Studio dalam menciptakan koleksi yang berkelanjutan dan ramah untuk lingkungan.

Kira-kira, kolaborasi mereka seperti apa ya? Keep scrolling!

1. Hasilkan koleksi sustainable and ethical fashion

Terinspirasi dari Alam, APR Gandeng Imaji Studio Gelar Eksibisi di JFHPopbela.com/Anastasia Desire

Bisa dibayangkan jika dua penggiat fashion yang mendukung konsep berkelanjutan bergabung? Inilah yang ditawarkan dalam kolaborasi APR x Imaji yang akan berlangsung dari 30 September hingga 31 Oktober mendatang.

Bagi yang belum tahu, serat rayon merupakan serat alami yang berasal dari sumber yang dapat diperbaharui (renewable) nih Bela. Nah, serat rayon yang diproduksi APR bahkan terjamin pengelolaannya dikelola secara lestari dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Tak heran, serat rayon ini memiliki sifat biodegradable atau mudah terurai, yang membuatnya menjadi material fashion yang lebih ramah lingkungan.

Bergabungnya Imaji Studio dengan APR membuat konsep keberlanjutan dalam koleksi ini semakin nyata. Sejak berdiri pada 2015, Imaji terkenal dengan gaya pewarnaan alami dalam koleksinya. Selain fokus pada pewarnaan tanpa bahan kimia, brand ini juga selalu mengedepankan penggunaan serat alami yang dapat diperbaharui dalam mendukung sustainable fashion.

Nah, jadi koleksi yang dihasilkan dari kolaborasi keduanya benar-benar sangat mempedulikan lingkungan Bela.

2. Eksibisi pertama di Jakarta Fashion Hub (JFH)

Terinspirasi dari Alam, APR Gandeng Imaji Studio Gelar Eksibisi di JFHDok. APR

Bela, pameran kolaborasi yang mendukung sustainable fashion ini diadakan di Jakarta Fashion Hub, Ada yang sudah pernah ke Jakarta Fashion Hub sebelumnya? Ini merupakan ruang kolaboratif yang dapat mempertemukan para desainer, pekerja kreatif, dan fashion enthusiast untuk menciptakan karyanya. Keren ya!

JFH sendiri merupakan inisiasi dari APR untuk memberikan ruang kepada industri fashion tanah air dalam berkolaborasi untuk semakin menguatkan industri fesyen dalam negeri. Nah, karena baru selesai pada Agustus tahun lalu, selama pandemi ini APR lebih banyak menjalankan kegiatan kolaborasi via virtual, Bela.

Nah, baru kali inilah kolaborasi offline perdana dalam bentuk pameran dapat dilakukan di JFH. Dan pertama kalinya langsung menggandeng Imaji dalam mempertontonkan koleksi yang sustainable and ethical fashion. Keren ya!

3. Ruang Hidup: terinspirasi dari keanekaragaman hayati di kawasan Restorasi Ekosistem Riau (RER)

Terinspirasi dari Alam, APR Gandeng Imaji Studio Gelar Eksibisi di JFHPopbela.com/Anastasia Desire

Kali ini, Popbela diajak langsung nih untuk masuk ke ruang kolaboratif ini. Beruntungnya, Popbela bisa lihat eksibisi kolaborasi APR bersama Imaji Studio yang mengambil tema “Ruang Hidup”, yang terinspirasi dari keanekaragaman hayati di kawasan Restorasi Ekosistem Riau (RER), di Semenanjung Kampar, Provinsi Riau. Wow!

Sebagai informasi, RER adalah sebuah program restorasi hutan gambut tropis terbesar di Sumatera, di mana ini diinisiasi langsung oleh supplier bahan baku serat rayon APR, Grup APRIL. Di kawasan RER ini, memang sangat dikenal dengan flora dan faunanya termasuk satwa yang terancam punah dan dilindungi. Nah, inilah yang menjadi inspirasi Imaji Studio dalam menuangkan ilustrasi sebagai motif unik koleksi kolaborasi mereka di atas viscose-rayon dari APR.

Jadi, nggak hanya menggunakan material yang mendukung lingkungan, tapi inspirasinya juga keren ya Bela untuk tetap menjaga hutan dan keankearagaman hayati di sekitar kita!

4. Ada 3 motif yang terinspirasi dari kawasan hutan RER

Terinspirasi dari Alam, APR Gandeng Imaji Studio Gelar Eksibisi di JFHDok. APR

Pasti penasaran dong dengan motif unik yang Popbela sebutkan sebelumnya? Pada kolaborasi ini, Imaji Studio mengambil 3 motif dalam proses pembuatan koleksi pajamas-nya. Ada koleksi motif “Kampar Peninsula”, “Pangolin”, dan terakhir “Kingfisher”.

Koleksi ini dipamerkan dalam konsep instalasi “Ruang Hidup”, yang mana mengajak para pengunjung untuk tetap menjaga hutan dan keanekaragaman hayati yang menjadi ruang hidup di sekitar kita lewat koleksi pajamas. Keren kan!

Tapi ternyata tidak hanya koleksi pajamas loungewear-nya saja lho, Imaji Studio berhasil ‘menyulap’ motif di atas viscose-rayon ini menjadi scarf, scrunchie, sarung bantal, dan aneka barang lainnya. Super cantik!

Secara eksklusif, Shari Semesta selaku Founder Imaji Studio bahkan mengungkapkan kekagumannya akan motif yang mereka ambil, di mana ketiga motif ini dianggap unik karena menonjolkan kesan strength dan adaptive. Menurutnya, viscose-rayon dari APR ini memiliki bahan yang bagus, lembut (bahan adem), dan hasil motif yang tercipta pun warnanya akan terlihat lebih playful. Kalau ini sih Popbela setuju banget!

5. Eksibisi akan dibuka untuk umum dengan protokol kesehatan

Terinspirasi dari Alam, APR Gandeng Imaji Studio Gelar Eksibisi di JFHDok. APR

Daripada kamu hanya membayangkannya, kamu sudah bisa kok untuk langsung merasakan ‘vibe’ dari perjalanan “Ruang Hidup” kolaborasi APR X Imaji Studio di Jakarta Fashion Hub (JFH). Kamu juga sudah bisa langsung membeli produknya selama pameran, atau juga bisa dibeli secara online di website Imaji Studio.

Catat ya, pameran ini akan dibuka setiap Senin-Jumat dari tanggal 30 September-31 Oktober 2021 mendatang. Untuk catatan, pameran hanya buka di hari Senin-Jumat dari pukul 09.00-17.00 WIB ya Bela. Tenang, pameran ini akan tetap menerapkan protokol kesehatan kok. Yuk, langsung datang ke Jakarta Fashion Hub yang berlokasi di Gedung Tanoto Foundation, Jalan Teluk Betung No. 33 Jakarta Pusat.

6. Semakin lengkap, APR adakan Buyer Seller Meet

Terinspirasi dari Alam, APR Gandeng Imaji Studio Gelar Eksibisi di JFHDok. APR

Setelah asyik keliling di lantai 7, Popbela penasaran nih dengan acara yang diadakan di lantai 2. Oh, ternyata APR sedang mengadakan Buyer Seller Meet lho, Bela! Ini merupakan event besar dari APR yang diadakan selama 2 hari (30 September-1 Oktober 2021), di mana pelaku industri fashion dan tekstil bisa bertemu dan bertransaksi langsung dengan partner APR dalam memasarkan kain serat-rayon berkualitas dengan harga yang kompetitif. Eits, tapi ini harus reservasi dulu ya, Bela.

“Sebagai produsen serat rayon di sektor hulu, kami berharap kegiatan Buyer Seller Meet dapat membantu mengkoneksikan pabrik dan brand untuk mengatasi persoalan sourcing dan pemilihan bahan baku yang masih sering menjadi hambatan bagi  pelaku fashion dalam mengembangkan usahanya,” kata Sheila Rachmat, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon.

Nah, buat kamu yang belum sempat datang ke event ini, kita tunggu di event selanjutnya dari APR ya. Tapi, untuk kolaborasi APR dengan Imaji kalian bisa datang langsung lho sampai tanggal 31 Oktober 2021 ya. Jangan lupa stay tune di IG @Jakartafashionhub untuk mendaftar dan tahu tentang detail acaranya Bela! (WEB)

Baca Juga: Baru Dibuka, Yuk Kenalan dengan Jakarta Fashion Hub, Bela!

Baca Juga: 5 Kriteria yang Wajib Diperhatikan Cewek Saat Beli Baju Baru, Setuju?

Baca Juga: Berminat Terjun Ke Dunia Modest Fashion? Yuk Simak Kiat Suksesnya