Para peneliti mengatakan bahwa ada sekitar 30.000 pikiran yang perlu dipikirkan manusia setiap harinya. Pikiran-pikiran ini bisa menjadi suatu hal yang baik bahkan buruk. Pikiran yang bagus dapat meningkatkan kebahagiaan dalam hidupmu, sementara pikiran buruk atau negatif dapat menghancurkan kebahagiaanmu. Jadi, memusatkan perhatianmu pada pikiran-pikiran positif itu perlu karena menghindari pikiran dan situasi yang tidak diingikan. Hal ini juga membantumu bergerak maju untuk kehidupan yang lebih positif karena pikiran beracun dapat merusak jiwamu. Berikut ini ada beberapa pikiran beracun yang paling umum dan dapat merusak jiwamu. Ada baiknya kamu tahu dan kamu jauhi itu!

Pemikiran #1: “Ada masa di mana kamu tidak bisa melakukan apapun”

Ternyata 5 Pikiran “Beracun” Ini Dapat Merusak Jiwamuwww.behance.net
Pikiran seperti ini terjadi ketika kamu dalam keadaan darurat atau sedang membutuhkan bantuan. Pikiran ini mencoba mengacaukan dirimu dengan memikirkan masalah tersebut terlalu dalam atau berpikir kamu tidak bisa melakukannya, dan itu sangat buruk. Pikiran racun ini menunjukkan bahwa kamu tidak memiliki persiapan untuk mengambil tanggung jawab apapun. Peneliti mengatakan bahwa hal itu juga bertindak sebagai penghalang psikologis yang sangat memengaruhi kinerjamu. Semua yang perlu kamu lakukan adalah dengan tegas mengatakan “Aku bisa” pada pemikiran semacam itu! Awalnya mungkin sulit, tapi setelah beberapa lama, kamu pun akan takjub karena kamu dapat melakukan banyak hal.

Pemikiran #2: “Kamu merasa kamu belum cukup baik”

Ternyata 5 Pikiran “Beracun” Ini Dapat Merusak Jiwamuwww.elegantthemes.com
 
Sebelum dunia memiliki alasan untuk menyalahkan dirimu, kamu sendiri malah mengatakan bahwa dirimu ini tidak cukup baik. Pemikiran negatif semacam ini tentunya akan membahayakan otakmu. Kamu perlu ingat bahwa tidak seorang pun di dunia ini cukup baik mengetahui segalanya karena semua manusia memiliki kekurangan dalam dirinya. Percayalah kamu bukanlah satu-satunya orang yang memiliki kekurangan. Jadi, bangkitlah dan terima dirimu dan selalu ingat bahwa kamu bisa melakukannya!

Pemikiran #3: “Kamu berpikir bahwa seluruh dunia melawanmu”

Ternyata 5 Pikiran “Beracun” Ini Dapat Merusak Jiwamuwww.dizzybrunette3.com
Orang-orang yang memiliki pemikiran seperti ini harus mengerti bahawa seluruh dunia memiliki banyak hal yang lebih penting untuk dilakukan selain bersekongkol melawan dirimu. Sebagai seseorang, kamu tidak dapat melakukan apapun, karena akan ada saatnya di mana banyak orang datang memberimu rintangan dalam kehidupan. Namun, ingatlah kenyataan bahwa setiap orang memiliki kepentingan masing-masing dan tidak ada yang mengejarmu. Hapus pikiran-pikiran ini dan lakukan setiap pekerjaanmu tanpa perlu memikirkan hal itu.

Pemikiran #4: “Apakah, mungkinkah, haruskah... dan semua pertanyaan tentang hal yang sudah berlalu dalam pikiranmu”

Ternyata 5 Pikiran “Beracun” Ini Dapat Merusak Jiwamuwww.dizzybrunette3.com
Jika kamu berpikir bahwa kamu kamu akan melakukan hal ini atau kamu bisa menang atau seharusnya hal itu terjadi, itu tidak lain hanyalah akan membangun kekacauan emosional di otakmu. Berpikir tentang pemikiran negatif ini tidak akan pernah membawamu ke mana-mana tapi hanya menghancurkan ketenangan pikiranmu dan membuatmu merasa tertekan. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah melupakan pikiran-pikiran tersebut dan melangkahlah lebih jauh karena semakin kamu menyesal, semakin kamu merasa tertekan, dan tidak ada akhirnya. Kamu harus berhenti dan lanjutkan perjalanan hidupmu.

Pemikiran #5: “Kamu memiliki ‘jika itu’ sindrom”

Ternyata 5 Pikiran “Beracun” Ini Dapat Merusak JiwamuFem-fem.nl
Memiliki sikap seperti, “Jika kamu mendapatkan gaji besar saat bekerja, kamu akan segera melakukan pekerjaanmu atau berpikir jika temanmu menelepon, kamu baru akan menghubunginya kembali” bukanlah cara yang tepat untuk melakukan suatu hal. Sikap pra-kondisional semacam ini adalah tindakan yang memaksa diri sendiri dan menghentikanmu untuk terus maju di kehidupan ini. Kamu perlu memahami bahwa hidup itu sulit dan segala sesuatu tidak akan sesuai dengan keinginan dan kemauanmu. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah keluar dari zona tersebut dan berinisiatiflah!

 

BACA JUGA: 6 Hal Supaya Millennial Tetap Bahagia dalam Bekerja