Perilaku bunuh diri tak bisa dianggap sepele. Itu karena perilaku bunuh diri adalah bentuk konsekuensi dari banyak gangguan mental, terutama depresi berat. Perilaku bunuh diri pun bisa dicegah. Tak hanya dari pelaku, melainkan juga bisa diusahakan dari orang-orang terdekat pelaku.

Dilansir dari Cleveland Clinic, angka bunuh diri paling tinggi terjadi pada remaja, dewasa muda, dan lansia. Adapun, cara terbaik untuk mencegah bunuh diri dengan mengenali tanda-tanda orang yang ingin bunuh diri. Beberapa di antaranya sebagai berikut!

1. Kesedihan dan perubahan suasana hati yang berlebih

8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!pexels.com/tessseymourphotography

Kesedihan yang berlangsung lama bisa menjadi gejala depresi. Hal tersebut memungkinkan seseorang untuk melakukan bunuh diri.

2. Menjadi tenang secara mendadak

8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!Unsplash.com/Brooke Cagle

Kamu perlu mencurigai seseorang yang depresi kemudian tiba-tiba menjadi tenang. Bisa jadi dia telah membuat keputusan untuk mengakhiri hidupnya.

3. Menarik diri dari pergaulan

8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!pixabay.com/Ayank

Orang yang memilih untuk menyendiri dan menghindari pergaulan adalah salah satu tanda depresi. Hal tersebut juga termasuk hilangnya minat dan kesenangan terhadap hobi yang sebelumnya dia sukai.

4. Perubahan kepribadian dan penampilan

8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!pexels.com/Daniel Xavier

Seseorang yang mempertimbangkan untuk bunuh diri cenderung mengubah sikap dan perilaku. Beberapa contohnya seperti berbicara dan bergerak lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Orang yang ingin bunuh diri juga kadang tak peduli dengan penampilannya.

5. Melakukan perilaku yang berbahaya atau merugikan diri sendiri

8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!Unsplash.com/Nathan Nichols

Beberapa perilaku tersebut, seperti mengemudi secara ugal-ugalan, mabuk-mabukan, dan mengonsumsi obat terlarang. Hal tersebut menggambarkan bahwa ia tidak lagi menghargai hidupnya.

6. Baru saja mengalami krisis hidup atau trauma

8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!thelist.com

Ada banyak penyebab seseorang mengalami krisis dan trauma dalam hidup, seperti kehilangan orang yang dicintai atau hewan peliharaan, putus cinta, perceraian, kehilangan pekerjaan, terjerat hutang, dan didiagnosis penyakit kronis.

7. Membuat persiapan dan berpamitan

8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!northerndailyleader.com.au

Orang yang ingin bunuh diri biasanya akan mempersiapkan diri, seperti mengunjungi sanak saudara, memberikan barang pribadinya, membuat surat wasiat, dan membersihkan kamar. Tak jarang, orang yang akan bunuh diri akan membuat catatan sebelum melakukan aksinya.

8. Mengancam akan bunuh diri

8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!eveningtelegraph.co.uk

Mungkin memang tak semua orang akan mengatakan dirinya akan bunuh diri. Namun, kamu perlu mencurigai seseorang yang mengancam akan membunuh dirinya sendiri. Kamu perlu menanggapinya secara serius.

Sebagai taman atau saudara, kamu punya peran penting untuk mendeteksi dan menolong ia yang berniat untuk bunuh diri. Meski sekadar kehadiranmu, sudah sangat berarti, lho. Kalau pun tak bisa menanganinya sendiri, kamu bisa memintanya untuk merujuk ke psikolog atau psikiater.

 

Disclaimer: Artikel ini telah terbit di laman IDNTimes.com dengan judul "8 Tanda Seseorang akan Bunuh Diri, Pertolonganmu Sangat Berarti!"

Baca Juga: Artis yang Pernah Lakukan Upaya Bunuh Diri dan Menyesalinya