Najwa Shihab Bicara Tentang Ketidaksetaraan Gender dalam Pekerjaan

Beberapa jurnalis perempuan kerap dipandang sebelah mata

Najwa Shihab Bicara Tentang Ketidaksetaraan Gender dalam Pekerjaan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Festival Pulih 2021 hari pertama menghadirkan sejumlah sosok ternama yang membagikan kisah mereka mengenai kesehatan mental, kesetaraan gender, kebangkitan, dan meraih mimpi.

Sosok pulih kali ini ialah Najwa Shihab, jurnalis ternama sekaligus Founder Narasi. Najwa hadir membagikan cerita pengalamannya selama berkarier, serta lika-liku yang ia rasakan sebagai seorang jurnalis. 

Mengangkat tema "Jangan Takluk oleh Kegagalan, Terus Ciptakan Momen Kebangkitan", Najwa membagikan kisah tentang kegagalan karier, tips agar kembali bangkit dan tak takut mengejar mimpi, serta bicara soal ketidaksetaraan gender.

Dalam dunia jurnalistik sendiri, sebagian orang pernah merasakan ketidakadilan karena perbedaan gender. Beruntungnya, Najwa mengaku tak pernah mengalami pengalaman buruk akibat ketidaksetaraan gender, meskipun pekerjaannya terbilang cukup berat. 

“Aku alhamdulillah merasa nggak pernah ada di situasi di mana di-underestimate karena gender. Dari dulu selalu ditempatkan di bagian politik dan hukum. Jadi liputan yang dianggap berat, seperti liputan bencana dan perang, juga aku selalu kebagian itu. Aku beruntung alhamdulillah sepanjang karierku 20 tahun lebih itu tidak pernah merasa disepelekan karena gender,” tutur Najwa Shihab, Kamis (25/11/2021).

Kendati demikian, perempuan kelahiran 16 September 1977 ini mengaku memang kerap mendengar beberapa jurnalis perempuan yang kadang dipandang sebelah mata hanya karena gender.

“Tapi aku tahu, keberuntungan atau privilege itu tidak semuanya bisa dirasakan oleh teman-teman lain karena ada banyak situasi, ada banyak testimoni di mana memang jurnalis perempuan terkadang berada di posisi yang tidak mengenakan, kadang di-underestimate, dipandang sebelah mata, diperlakukan juga dengan tidak elok. Jadi ya, kita memang mendengar adanya peristiwa-peristiwa itu,” lanjutnya.

Selain itu, Najwa juga membagikan tips untuk menghadapi rasa takut akan gagal dalam memulai karier. Menurutnya, takut gagal itu wajar, bahkan ia pun pernah merasa takut ketika pertama kali siaran dan muncul di televisi. Namun, Najwa menyebut bahwa ketakutan itu justru ia jadikan sebagai kunci untuk memotivasinya agar melakukan persiapan yang lebih banyak. 

Untuk cerita Najwa yang lebih banyak lagi, kamu dapat menyaksikan tayangannya di Instagram @popbela dan kanal YouTube Popbela. Jangan lupa, masih banyak sosok pulih lainnya yang akan memotivasimu selama Festival Pulih berlangsung. Stay tuned!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here