Saat bekerja pernah nggak sih kamu merasa stres karena deadline, pekerjaan yang menumpuk sampai permintaan dari atasan yang tak kunjung habis? Kondisi tersebut sangatlah wajar di dunia kerja, tetapi tentu kamu tak ingin stres terus melanda pikiranmu bukan? 

Ingin bebas stres, ini 10 kiat yang bisa kamu lakukan dan akan membantu pikiranmu kembali fresh. Simak yuk!

1.Selesaikan hal-hal sulit terlebih dahulu

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyapexels / kaboompics

Saat mengawali harimu mulailah dari pekerjaan yang tersulit di awal karena biasanya membutuhkan waktu yang lebih panjang dari tugas biasanya. Contohnya saat mengerjakan laporan bulanan atau mempersiapkan materi meeting untuk presentasi kepada atasan. So, jika selesai lebih awal kamu dapat menyelesaikan pekerjaan lainnya yang lebih ringan. 

2.Jadikan olahraga sebagai prioritas

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyapexels / burst

Tetaplah banyak bergerak meskipun aktivitasmu lebih banyak di dalam kantor. Caranya kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat makan siang dengan mencari makanan di luar kantor atau menghindari turun menggunakan lift melainkan dengan tangga. Hitung-hitung untuk menyeimbangkan aktivitasmu yang lebih banyak duduk bukan? Selain itu, banyak bergerak juga membantu menjernihkan pikiranmu.

3. Nikmati camilanmu

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyafoxnews.com

Bawalah camilan favoritmu dari rumah seperti buah-buahan, salad atau menu sehat lainnya. Selain hemat, makanan yang kamu bawa dari rumah cenderung lebih menyehatkan dibandingkan kamu harus membelinya di luar.

4. Kontak temanmu untuk berkeluh kesah

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyapexels / mentatdgt

Bersosialisasi merupakan salah satu cara termudah untuk mengalihkan perhatianmu dan melepaskan diri dari stres. Kontak temanmu untuk mengobrol ringan selama beberapa menit. Sejenak, hindari topik pembicaraan yang terkait dengan pekerjaan dan bicarakan hal-hal yang menyenangkan. 

5. Tata tempat kerjamu senyaman mungkin

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyatheodysseyonline.com

Ruang atau kubikel kerja yang rapih bisa memberikan efek besar lho dan mempengaruhi performa kerja. Pasanglah dengan hal-hal yang sifatnya personal seperti foto bersama sahabat atau rekan kerja, kata-kata motivasi atau hiasan yang menggemaskan bahkan tanaman di dalam pot mungil. 

6. Putarkan musik yang meningkatkan mood positif

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyapexels / tirachard kumtanom

Percaya nggak sih ternyata lagu bisa membantu meningkatkan mood kita. Koleksi dan pilih lagu-lagu yang bertempo semangat ke dalam folder musikmu kemudian putar menggunakan headphone. Jika kamu merasa stres, kamu bisa memilih lagu yang menenangkan serta slow atau lagu-lagu favoritmu, tetapi ups jangan sampai menganggu teman sebelahmu ya. 

7. Curhat dengan sahabat di lingkungan pekerjaan

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyapexels / fauxsel

Lepaskan beban di dalam hatimu dengan berbincang dan curhat bersama rekan kerjamu. Khususnya jika ada kendala di pekerjaanmu. Lakukan saat jam istirahat makan siang atau sore hari sambil menikmati jajanan agar tidak mengganggu pekerjaan temanmu. Jika berbincang saja tak cukup, ceritakan kepada temanmu melalui WhatsApp, DM atau bahkan melalui email. 

8. Bernapas dan nikmatilah

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyaunsplash / eli defaria

Tarik napasmu dalam-dalam dan hembuskan. Kamu tak perlu melakukan meditasi secara serius cukup lakukan 10 kali napas dan hembuskan akan membantumu lebih rileks serta membuat perasaanmu lebih nyaman. 

9. Sesekali berpaling dari layar smartphone dan laptopmu

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyapexels / lisa fotios

Sejenak berpaling dari smartphone dan laptop milikmu sekaligus menginstirahatkan matamu dari cahaya layar, ambil pulpen dan kertas untuk menuliskan ide-idemu tentu akan sangat menyenangkan. 

10. Cobalah pijatan cepat

Stres Saat Berkerja? Ini 10 Cara Untuk Mengatasinyamedicalhomevisit.com

Badan terasa pegal karena terlalu banyak duduk, pijatlah bahumu, minta bantuan rekan kerjamu yang lain atau datanglah ke salon di sela-sela waktu istirahatmu untuk membuat tubuhmu lebih rileks dan segar.

Semoga stresmu segera menghilang dan pikiranmu kembali fresh!

Baca Juga: 10 Tips untuk Anak Magang agar Bisa Diterima Jadi Karyawan