Tak bisa dipungkiri era pandemi COVID-19 membuat ruang gerak fisik belum berjalan normal seperti sediakala. Tetapi perkembangan teknologi yang semakin pesat kini mampu menfasilitasinya dengan hadirnya aplikasi Zoom, Google Meets, dan lainnya. Aplikasi ini berfungsi untuk menjembatani komunikasi antara satu dengan yang lainnya, baik yang sifatnya casual ataupun untuk pekerjaan. Tetapi, jika memasuki aktivitas yang melibatkan banyak orang seperti seminar ataupun workshop, salah satu fasilitas yang banyak dimanfaatkan adalah webinar. Mengapa kita perlu mengikuti webinar secara online, ini enam manfaat yang bisa kamu dapatkan, Bela. 

1. Lebih hemat biaya

Praktis, Ini 5 Manfaat Mengikuti Webinar OnlinePexels.com / Vlada Karpovich

Biasanya untuk mengikuti kegiatan seminar atau workshop kita harus mendaftar terlebih dahulu, kemudian melunasi pembayaran biaya kursus tersebut, kemudian setelahnya kita harus bepergian ke lokasi dan waktu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Kini, kita bisa menggunakan fasilitas webinar untuk mendapatkan esensi yang sama. Keuntungannya kita bisa menghemat biaya dan dapat melakukannya di mana saja selama memiliki akses internet yang lancar. Beberapa menawarkan layanan gratis, tetapi meskipun berbayar maka biaya yang ditawarkan tidak semahal saat seminar atau workshop yang dilakukan secara offline.

2. Terkoneksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang pendidikan

Praktis, Ini 5 Manfaat Mengikuti Webinar OnlineUnsplash.com / Chris Montgomery

Melalui fasilitas webinar, kita bisa berjumpa dan berinteraksi dengan banyak orang meskipun tidak bertemu langsung, bahkan dengan orang-orang lintas daerah dan negara. Karena akses untuk bergabung tidak sulit, hanya melakukan klik tautan webinar yang diberikan oleh panitia penyelenggara setelah melakukan registrasi.

3. Memiliki waktu yang berkualitas

Praktis, Ini 5 Manfaat Mengikuti Webinar OnlinePexels.com / Ekaterina Bolovtsova

Ketika memutuskan untuk mendaftar webinar, kuncinya adalah sediakan waktumu dan fokus mempersiapkan diri untuk mengikutinya. Biasanya kelas webinar berlangsung minimal dengan durasi 1 sampai 3 jam sesuai dengan kebutuhan acara. Tetapi biasanya webinar memiliki kapasitas jumlah peserta yang terbatas, maka pastikan untuk bergabung tepat pada waktunya. Alternatifnya jika sudah melebihi kapasitas peserta, biasanya penyelenggara mengalihkannya melalui livestreaming yang menempatkan kita sebagai penonton saja dan tidak bisa berinteraksi dengan narasumber. 

4. Bertemu dengan narasumber ahli

Praktis, Ini 5 Manfaat Mengikuti Webinar OnlinePexels.com / Artem Podrez

Mengikuti webinar membuat kita dapat belajar langsung dari narasumber ahli sesuai bidangnya masing-masing. Tak sekadar berdialog bertatap muka secara virtual, tetapi kita bisa melihat materi-materi presentasinya secara daring. Menariknya kita juga bisa bertanya atau berkonsultasi via chat kepada narasumber tersebut yang difasilitasi oleh moderator.

5. Belajar dari jarak jauh

Praktis, Ini 5 Manfaat Mengikuti Webinar OnlinePexels.com / Gustavo Frings

Meskipun tak bertatap muka secara langsung melalui webinar, kita bisa tetap belajar dari jarak jauh. Misalnya mengikuti webinar mengenai kiat-kiat menjalani bisnis secara online, mengulas film,  workshop seni sampai dengan diskusi materi-materi terkini yang tentunya akan memperluas khazanah pengetahuan dan pengalaman kita.

6. Mendapatkan apresiasi berupa e-sertifikat

Praktis, Ini 5 Manfaat Mengikuti Webinar OnlineUnsplash.com / Mathilde LMD

Beberapa webinar juga menawarkan e-sertifikat bila peserta mengikuti rangkaian seminar dan workshop yang diselenggarakan. Pastikan kita menginput data dengan nama sesuai KTP agar nama di e-sertifikatmu sesuai dengan namamu.

Tetap bisa belajar dimana saja!

Baca Juga: Hati-Hati Zoombombing, Ini 7 Alasan Kenapa Zoom Tidak Aman Digunakan

Baca Juga: 10 Foto Lucu Realitas Tentang Pertemuan di Zoom 

Baca Juga: Ini Kabar Platform Video on Demand di Indonesia selama Masa Pandemi