Jujur deh pernah nggak sih terlintas  untuk pindah kerja, pasti pernah dong. Nah, biasanya dikarenakan berbagai faktor seperti bosan dengan rutinitas kerja, kurang cocok dengan si bos sampai dengan karena kelelahan karena lokasi kantor jauh dengan rumah. Alasan seperti itu memang sangat dimaklumin, tetapi kalau kamu ditawarkan pekerjaan yang memiliki gaji yang lebih besar dan posisi yang lebih tinggi, jangan terburu-buru memutuskannya ya, karena  ada empat hal penting seputar keuangan yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk pindah kerja.

1. Apakah Dana Daruratmu Sudah Mencukupi?

4 Pertanyaan Penting Seputar Keuangan Sebelum Putuskan Pindah Kerjaunsplash.com/Chris Lawton

Sebelum melangkah pastikan terlebih dahulu dana daruratmu bernilai cukup besar untuk mengantisipasi kondisi yang tak terduga, misalnya jika kamu sakit dan butuh pengobatan di Rumah Sakit atau hal-hal lainnya.

Idealnya saat memutuskan untuk pindah pekerjaan kamu sudah proses untuk diterima di kantormu yang baru, tetapi jika tidak apakah kamu sudah siap beberapa bulan ke depan akan bertahan tanpa penghasilan? Supaya lebih aman pastikan dana daruratmu bisa mencukupi kebutuhanmu rutinmu selama enam bulan ke depan.

2. Apakah Ada Peningkatan Gaji Setiap Tahunnya di Tempat Bekerja yang Baru?

4 Pertanyaan Penting Seputar Keuangan Sebelum Putuskan Pindah Kerjaunsplash.com/rawpixel

Kita tidak bisa menghindari adanya inflasi atau kenaikan harga secara terus-menerus dalam periode tertentu, maka kenaikan gaji sudah seharusnya mampu membantu mengatasi masalah tersebut. Karena nilai uang akan menyusut dari waktu ke waktu. Jika kamu mengabaikan inflasi dan terus-menerus mendapatkan nilai gaji yang sama selama lima tahun berturut-turut  maka ke depannya kamu berpeluang mendapatkan penawaran lebih rendah daripada rekan-rekanmu yang memiliki potensi kenaikan gaji. Nggak mau dong terhimpit situasi seperti itu?

3. Seberapa Besar Manfaat Asuransi dari Kantormu?

4 Pertanyaan Penting Seputar Keuangan Sebelum Putuskan Pindah Kerjaunsplash.com/Christian Dubovan

Pastikan kalau pindah pekerjaan kamu  akan mendapatkan asuransi dan fasilitas medis yang sesuai dengan kebutuhanmu. Karena kalau tidak mendapatkan manfaat yang sama seperti di kantormu sekarang ini, maka  kamu perlu mengalokasikan biaya tambahan untuk fasilitas kesehatanmu, hal ini sangat berpotensi mempengaruhi keuanganmu lho. So, kalau ingin pindah bekerja perhatikan baik-baik ya fasilitas asuransi yang akan kamu terima yaitu kesehatan dan juga ketenagakerjaan. 

4. Apakah Ada Biaya Tak Terduga Untuk Pekerjaan Barumu?

4 Pertanyaan Penting Seputar Keuangan Sebelum Putuskan Pindah Kerjaunsplash.com/Kody Gautier

Kalau memutuskan untuk pindah bekerja di tempat baru harus mempertimbangkan biaya tidak terduga juga lho. Misalkan saja ternyata akses perjalanan ke kantor jaraknya lebih jauh sehingga kamu harus berkendara dengan mobil pribadi, padahal selama ini kamu selalu menggunakan transportasi publik maka akan memengaruhi cost mu. Kemudian biaya-biaya tak terduga lainnya yang harus diperhitungkan secara cermat. 

Hal-hal seperti ini sangat penting untuk dipertimbangkan. So, saat memutuskan untuk pindah bekerja pastikan kamu sudah benar-benar siap dengan agenda keuanganmu ya.

Jadi  sudah siap belum Bela? 

Baca Juga: Menyesal dengan Pekerjaan Baru? Pahami Hal Ini Sebelum Mundur