Masa pandemi membuat jumlah pertemuan tatap muka perkuliahan dibatasi, atau bahkan total tidak ada. Namun bukan berarti esensinya untuk memahami materi menjadi berkurang, justru pada kesempatan ini kita harus bisa memanfaatkannya secara maksimal meskipun kuliah dilakukan secara daring. Masih bingung harus bagaimana menjalaninya, 5 kiat ini akan mengajakmu tetap semangat belajar meskipun secara online. 

1. Disiplin membuat reminder jadwal kuliah online

Hargai Pengajar, Ini 5 Tips Jalani Kuliah Online Supaya Lebih Efektif Unsplash.com / Emma Matthews Digital Content Production

Kuliah jarak jauh bukan berarti membuatmu menjadi lalai melakukan tanggungjawabmu sebagai mahasiswa. Catat jadwal setiap mata kuliah yang diikuti di dalam notes, smartphone, laptop dan agenda yang akan segera kamu jalani. Hal ini penting karena meskipun jarak jauh, pertemuan kuliah akan tetap terpantau dengan kehadiran dan sistem absensi yang dilakukan secara online. 

2. Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas

Hargai Pengajar, Ini 5 Tips Jalani Kuliah Online Supaya Lebih Efektif Unsplash.com / Lucas Blazek

Untuk kondisi saat ini yang diperlukan tidak hanya disiplin mengatur jadwal, tetapi termasuk saat mengumpulkan tugas. Selesaikan tugas secara tepat waktu sesuai dengan instruksi dosen yang bersangkutan. Karena pertemuan tatap muka dikurangi, maka pengumpulan tugas menjadi komponen penting untuk penilaian. 

3. Konsentrasi dan fokus menyimak materi perkuliahan

Hargai Pengajar, Ini 5 Tips Jalani Kuliah Online Supaya Lebih Efektif Pexels.com / Ivan Samkov

Saat belajar di rumah kita harus tetap bersemangat untuk menyimak materi perkuliahan secara serius, misalnya menggunakan headphone yang membantumu untuk mendengar lebih seksama, sehingga konsentrasi dan fokus saat mendengarkan materi yang diberikan oleh dosen. Lagipula, dosen akan senang dan merasa tidak percuma mengumpulkan materi untuk diberikan kepadamu, Bela. Remember, be kind.

4. Mencatat materi-materi penting perkuliahan

Hargai Pengajar, Ini 5 Tips Jalani Kuliah Online Supaya Lebih Efektif Unsplash.com / Avel Chuklanov

Tak hanya piawai menyimak saja, sebagai mahasiswa kita harus tetap fokus untuk mencatat poin-poin penting tentang setiap materi yang disampaikan oleh dosen, supaya lebih mudah diingat dan dimengerti buatlah catatan digital atau secara tertulis. 

5. Cari ruangan yang sepi dan nyaman untuk belajar

Hargai Pengajar, Ini 5 Tips Jalani Kuliah Online Supaya Lebih Efektif Pexels.com / Andrea Piacquadio

Saat di rumah, sangat memungkinkan terjadinya hal-hal yang dapat menjadi distraksi saat menyimak perkuliahan. Misalnya suasana yang ramai atau aktivitas rumah tangga. Pilihlah sudut ruangan yang membuatmu merasa nyaman dalam berpikir dan konsentrasi agar mempermudah dirimu untuk menyerap ilmu-ilmu yang dipaparkan oleh dosen. 

Selamat belajar, Bela!

Baca Juga: Imut bak Anak Kuliahan, Ternyata Usia 10 Artis K-Drama Ini Sudah 30an!

Baca Juga: Belajar dari Marsha Aruan, Kuliah Online Juga Ternyata Juga Bisa Jadi Pilihan

Baca Juga: Gagal Serius, 9 Kejadian Saat Kuliah Online Ini Malah Bikin Ngakak