Setelah menjalani pekerjaanmu selama ini akhirnya sampai ke titik jenuh yang membuatmu memutuskan untuk resign. Ada beragam alasan, mulai dari kontrak kerja yang tidak diperpanjang, jenjang karir yang tersendat, gaji tak kunjung naik meskipun sudah bertahun-tahun bekerja, sampai dengan ingin memperoleh pengalaman di tempat baru. 

Hingga akhirnya kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan posisi dan pekerjaan di kantor baru. Bagaimana cara nyaman kembali menikmati hari pertama kerja di kantor baru? Ini enam kiatnya

1. Luangkan waktu dan beri jarak antara pekerjaan lama dengan pekerjaan barumu

6 Tips Persiapan Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor BaruPexels.com / EVG Photos

Jangan terburu-buru untuk melakukan pekerjaan barumu, persiapkan dengan tepat bahkan sediakan waktu ekstra untuk mempersiapkannya. Jika sudah menandatangani kontrak setelah menegosiasikan gaji dan tunjangan, berarti kamu sudah menyusun kesepakatan kapan waktu kamu memulai hari pertamamu. 

Beri jeda minimal paling sedikit seminggu setelah resign dari kantor lama sebelum akhirnya memulai yang baru, langkah ini agar pikiranmu lebih fresh dan kamu sudah benar-benar siap memulai yang baru alias sudah move on!

2. Persiapkan penampilan terbaikmu untuk menunjukkan kesan pertama

6 Tips Persiapan Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor BaruPexels.com / freestocks.org

Kesan pertama sangatlah penting karena itu untuk menghadapi hari pertama di kantor baru, persiapkan pakaian terbaikmu yang sesuai dengan karakter kantormu tentunya. Jika di bidang entertaiment, kamu bisa mempersiapkan diri mengenakan tampilan kasual namun tetap elegan. Atau ketika di instansi pemerintahan tentu berpakaian rapi sangatlah wajib, tentunya sesuaikan dengan kepribadianmu ya.

3. Datanglah tepat waktu dan cobalah untuk efisien menggunakannya

6 Tips Persiapan Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor BaruUnsplash.com / Rachael Crowe

Datanglah sesuai jam yang sudah disepakati saat menandatangani kontrak, di awal-awal pertama kerja pastikan untuk tidak terlambat karena bisa mempengaruhi penilaian mereka terhadapmu. Tetapi jangan khawatir pada akhirnya seiiring berjalannya waktu kamu akan mengetahui kebiasaan di kantor barumu termasuk jam kerjanya, kamu tinggal menyesuaikannya saja.

4. Pelajari karakter calon rekan kerja dan atasan di kantor baru

6 Tips Persiapan Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor BaruPexels.com / fauxels

Sebelum memasuki kantor baru, luangkan waktumu untuk mempelajari tentang calon atasan dan rekan kerja barumu. Jika belum mempunyai akses sama sekali jangan khawatir, kamu bisa mempelajarinya lewat situs perusahaan ataupun media sosialnya. Temukan dan lihatlah, biasanya di beberapa situs menunjukkan profil atasan dan anggota timnya. 

Setidaknya dengan mengetahui hal tersebut kamu mempunyai topik pembicaraan dan mengenal siapa yang kamu ajak bicara sebelum akhirnya bertemu dengan mereka secara langsung. 

3. Persiapkan dirimu untuk sukses di tempat baru dan mengawalinya dengan berpikir positif

6 Tips Persiapan Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor BaruPexels.com / fauxsels

Fokuskan dirimu dapat membantu mengendalikan kegelisahanmu. Caranya luangkan beberapa menit sebelum berangkat ke kantor untuk duduk diam sejenak dan coba renungkan apa yang akan terjadi jika mengawalinya dengan hal-hal baik. Kemudian jernihkan pikiranmu, dengarkan suara hatimu dan tariklah nafas dalam-dalam. Latihan ini akan membuat pikiran lebih fresh!

4. Pelajari dengan cepat tentang kondisi tempat bekerjamu, ciptakan suasana nyaman karena akan mempermudah segalanya

6 Tips Persiapan Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor BaruUnsplash.com / Paige Cody

Sambut hari pertamamu kerja, kamu akan ditunjukkan tempatmu akan beraktivitas, perhatikanlah dan persiapkan dirimu membuat kondisimu nyaman. Salah satunya bisa dimulai dengan menyusun meja kerjamu, tetapi jangan terlalu berlebihan dulu ya.

5. Jangan takut, kamu di rekrut karena mempunyai kecocokan dengan atasan dan perusahaan

6 Tips Persiapan Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor BaruPexels.com / fauxels

Jangan merasa cemas saat memulai bekerja, terutama jika ada peningkatan jabatan yang lebih tinggi dari kantor sebelumnya. Ingatkan dirimu bahwa kamu direkrut di perusahaan ini karena suatu alasan seperti karena memiliki kapasitas pekerjaan yang baik, sosok yang bertanggung jawab dan bisa menjalani peran baru yang ditawarkan. 

Bahkan kamu boleh memikirkan pendekatan, "Aku tidak membutuhkan kamu sebanyak kamu membutuhkanku." So, percaya dirilah dan yakin dengan posisimu saat ini sebelum memulai segala sesuatunya.

6. Hindari membawa bekal makan siang di hari-hari pertamamu karena ini saatnya bergaul dengan rekan kerja

6 Tips Persiapan Menghadapi Hari Pertama Kerja di Kantor BaruPexels.com / fauxsels

Hari-hari pertama merupakan waktu yang tepat untuk bersosialisasi dengan atasan dan rekan kerjamu. Tinggalkan kotak bekalmu, memang makanannya mungkin lebih sehat tetapi ada baiknya kamu memanfaatkan istirahat untuk makan siang bersama dengan mereka. Saat-saat inilah kamu berkesempatan berbincang lebih dekat dengan mereka dibandingkan saat masing-masing sedang fokus bekerja. 

Semoga lancar ya hari pertamamu!

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Hari Pertama Kerja, Kamu Harus Punya Fashion Item Ini