Saat memutuskan untuk berbisnis, tak hanya membutuhkan kreativitas dan inovasi saja untuk memulainya, tetapi persiapan keuangan dan pendanaan sangatlah penting. Bagi kamu seorang pemula, hal ini akan membantu berlangsungnya perjalanan bisnismu. Langkah pendanaan ini dilakukan untuk memperkuat modal awal dan menjaga bisnis kecilmu agar tetap bertumbuh. Tak perlu merasa bingung, berikut 4 cara untuk memulai mendanai bisnis kecilmu, Bela. 

1. Lakukan sendiri

4 Cara Realistis untuk Mendanai Bisnis KecilmuPexels.com / Daria Shevtsova

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa ketika mengawali bisnis, kamu harus siap untuk mendanai sendiri proyek-proyekmu. Kondisi ini bisa berlangsung hingga jangka panjang, karena itu sebelum mencari dana dari sumber yang lain pastikan uang milikmu bisa membuat bisnismu tetap berlangsung selama beberapa bulan ke depan. Hal itu terkait dengan persiapan produksi, distribusi dan lainnya. So, siapkan modalmu semaksimal mungkin ya, Bela. 

2. Teman, keluarga dan orang terdekat

4 Cara Realistis untuk Mendanai Bisnis KecilmuPexels.com / Andrea Piacquadio

Saat mempersiapkan dana untuk berbisnis, kamu bisa meminta bantuan dari lingkungan terdekat. Mulai dari teman, keluarga hingga orang-orang terdekat yang merupakan cara efektif dan mudah untuk mengumpulkan modal awal bisnis. Mereka yang paling dekat denganmu akan sangat mempercayai visi misimu ke depannya, termasuk memiliki kepercayaan bahwa kamu akan bertanggungjawab dengan dana yang telah mereka berikan. 

Maka, pastikan untuk menggunakan dan mencurahkan seluruh kemampuanmu untuk memanfaatkannya dengan baik. Tetapi hal tersebut tak berarti mengurangi potensi resiko juga, seandainya bisnis yang kamu lakukan ternyata tidak sesuai dengan harapan, akibatnya bisa mempertaruhkan hubungan pribadi di antara kalian. Jadi, tetaplah berpegang teguh dan amanah, ya. niscaya hubungan kalian akan tetap terjaga dengan baik. 

3. Pinjaman usaha kecil

4 Cara Realistis untuk Mendanai Bisnis KecilmuPexels.com / Andrea Piacquadio

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan pinjaman usaha kecil dari bank, memang persyaratannya lebih ketat, karena mereka harus diyakinkan bahwa kamu bisa mengembalikan sejumlah uang yang kamu pinjam sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Saat akan melakukannya, sangat penting untuk menyiapkan perencanaan bisnismu secara matang. Maka, kini sudah waktunya untuk memperhitungkan dan kalkulasi, bagaimana tata alur pembayaran hutang kepada bank jika perjanjian tersebut sudah disetujui. Bertanggungjawab menjadi hal yang terpenting jika mengambil langkah melakukan pinjaman di bank. 

4. Investor

4 Cara Realistis untuk Mendanai Bisnis KecilmuPexels.com / fauxsel

Langkah terakhir ialah mencari investor yang bisa dipercaya, maka akan sangat baik jika informasi tersebut di dapatkan dari teman, keluarga dan orang terdekatmu. Tetapi ingat, jika kamu mengumpulkan uang dari para investor yang bersama-sama untuk mengembangkan bisnismu, maka mereka juga turut andil dan memperoleh keuntungan dari bisnis yang kamu jalankan. Kunci suksesnya bersikap terbuka, transparan, ceritakan proyeksi nyata ke depannya dan bangun hubunganmu berdasarkan kepercayaan.

Itulah cara untuk memulai mendanai bisnis kecilmu. Sudah siap menjalani bisnis, Bela?

Baca Juga: Jadi Pebisnis? Ini Syarat dan Langkah Mendirikan Perseroan Terbatas