Merantau untuk urusan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari zona nyaman. Meninggalkan kenyamanan dan tinggal di kota baru membuatmu sepenuhnya beradaptasi. Tentu saja dengan segala pengalaman dan petualangan yang seru. Tapi, begitu kembali ke rumah, paling tidak kamu merasakan tiga keanehan ini.

1. Terlihat semakin menua

 
Menemukan ritme kehidupan baru di kota baru memang seru. Terpikir untuk sering pulang pun nggak sempat karena berbagai macam urusan yang wajib kamu selesaikan. Tanpa kamu sadari, orang-orang yang kamu tuju untuk pulang pun bertambah umur. Perubahan fisik pun bisa kamu temukan dengan mudah. Teman bermain pun semakin tumbuh dewasa. Orang pun ada yang datang dan pergi dengan perubahan yang mereka bawa. Kalau sudah begini, jangan sampai timbul rasa sesal karena jarang berkomunikasi dan mengunjungi rumah.

2. Jauh dari apa yang dibayangkan

 
Melakukan obrolan ketika kamu pulang sudah pasti dilakukan. Bersama orangtua, saudara, tetangga, bahkan teman bermain dulu. Merasa sikap dan cara berpikir mereka berubah adalah hal yang wajar. Ini karena keadaan sosial serta pengembangan karakter yang mereka punya. Ada perdebatan sedikit mengenai sudut pandang juga akan terjadi ketika kamu pulang. Ketika hal ini terjadi banyak sekali asumsi-asumsi yang muncul dalam diri. Hindari berprasangka negatif, menyalahkan, hingga meremehkan orang terdekat dan sekitar. Kamu akan menemukan orang lama dengan pemikiran baru yang lebih menarik

3. Menemukan relasi baru yang nggak disangka

 
Semakin dewasa memang seharusnya kamu bisa memaafkan kesalahan kecil yang dibuat oleh orang di lingkungan sekitar sebelum kamu merantau. Memang terasa sakit hati ketika diremehkan. Tapi, setelah kamu membuktikannya seharusnya kamu juga bisa lebih bersahabat dengan keadaan yang sekarang. Siapa tahu mereka berubah. Masa depan orang memang nggak ada yang bisa menebak. Bisa jadi orang yang membuatmu jengkel dulu akan menjadi rekan kerja sama yang luar biasa, begitu juga sebaliknya. Hindari untuk menutup diri karena masa lalu  yang menurutmu nggak bisa dibanggakan.

Jangan khawatir, semua orang juga punya definisi pulang yang berbeda, kok.

BACA JUGA : Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Ini