Bekerja di dunia kreatif memang menyenangkan, apalagi dengan aturan dan fasilitas kantor yang sesuai dengan generasi muda. Namun, tuntutannya nggak bisa dianggap remeh. Kamu wajib punya sisi kreatif tanpa batas. Nggak mudah memang mempersiapkan diri untuk selalu kreatif dan cemerlang. Tapi, kamu bisa coba yang seperti ini. Supaya kreatifitas tetap terjaga.

1. Ganti suasana

 
Kamu akan merasa bosan kalau tempat kerja itu-itu saja, walaupun kamu merasa nyaman. Rasa bosan memang bisa menghalagi kamu untuk berpikir kreatif. Untuk itu, nggak ada salahnya kamu memanfaatkan ruangan atau meja yang nggak dipakai. Kalau bosan mengerjakan pekerjaan dengan cara duduk, kamu bisa menggantinya dengan berdiri. Menata meja kerja kembali juga salah satu cara untuk ganti suasana.

2. Ambil waktu yang berbeda setiap hari

 
Selain ganti suasana, menggeser jam kerja juga bisa kamu lakukan. Ini berlaku kalau kantor menerapkan jam kerja yang fleksibel. Misalnya, hari senin kamu mulai bekerja pukul 8 dan hari selasa cobalah untuk mulai lebih awal atau siang sedikit. Berbeda mulai jam kerja, berbeda juga kinerja yang dihasilkan. Hindari untuk memberikan label malas jika ada teman kerja yang memulai bekerja agak siang. Sama sepertimu, mereka juga butuh sesuatu yang berbeda.

3. Ambil waktu bercanda dengan teman kerja

 
Menjaga hubungan baik dengan teman kerja sangat diperlukan. Biasanya, kamu memanfaatkan makan siang atau jam setelah kerja untuk bersosialisasi dengan mereka. Terlalu banyak berbincang juga menyebabkan pekerjaanmu nggak selesai. Tapi, ada baiknya untuk membuat situasi kerja senyaman mungkin dengan teman kerja. Kamu bisa berbagi makanan kecil dan sedikit bercanda agar nggak tegang dan membuat pusing. Ide dan pandangan baru juga bisa muncul dalam situasi yang seperti ini.

4. Jangan biarkan untuk mengalami kebosanan

 
Menjaga mood dan emosi untuk tetap stabil bukanlah hal yang mudah. Ada peristiwa kecil yang terkadang bisa merusak keduanya. Untuk itu, kamu wajib tahu cara mengendalikan emosi dalam situasi tertentu. Dan, supaya rasa bosan nggak cepat datang hindari untuk melakukan kegiatan yang itu-itu saja. Banyak cara untuk meningkatkan semangat, misalnya membeli kopi di toko kopi terdekat. Atau, kalau kantor punya tempat melepas penat, kamu bisa memanfaatkannya.

5. Ambil jeda untuk diri sendiri

 
Jangan ragu untukmengambil istirahat singkat kalau kamu merasa sudah lelah. Memaksakan diri untuk tetap bekerja bisa membuat kurang fokus. Kamu melakukan kegiatan kecil untuk merelaksasikan pikiran. Misalnya, membasuh muka, mengambil air minum, dan berjalan singkat. Jangan pedulikan perkataan teman, kalau ia menegurmu karena mengambil istirahat singkat. Kalau itu masih dalam tahap wajar, memang perlu dilakukan. Jangan terlalu memaksa diri karena berakibat dengan hasil kerja.

BACA JUGA : Ini Dia 7 Pulau Pribadi yang Bisa Kamu Sewa