Rutinitas dan pekerjaan yang banyak seringkali kamu artikan sebagai tanda kejenuhan hingga penyebab stres. Akan tetapi jika kamu perhatikan lebih jauh ada banyak sekali tanda-tanda stres yang sering kamu lewatkan dan dianggap biasa. Jika kamu masih bingung menangkap seperti apa sinyal stres yang sering terlewatkan, simak lima poin berikut ini.

Jenuh Bisa Picu Stres, Ini Tandanya Kalau Kamu di Bawah Tekanan

Masih merasa bahwa ritme kegiatanmu baik-baik saja? Nggak ada salahnya kamu untuk memperhatikan jam tidur dan asupan makananmu selama satu minggu terakhir. Jika kamu sering begadang, cukup sulit untuk bangun pagi, dan sering mengonsumsi makanan instan, maka ini adalah salah satu pertanda bahwa ada yang mengganggu rutinitas normalmu. Ada baiknya kamu mencoba tidur minimal 7 jam perhati dan perbanyak asupan serat demi kesehatanmu.

Jenuh Bisa Picu Stres, Ini Tandanya Kalau Kamu di Bawah Tekanan

Kamu mendadak kehilangan ketertarikan untuk melakukan hobi dan kegiatan senang-senang lainnya. Mungkin ini kamu artikan sebagai kebosanan karena membutuhkan aktivitas yang lebih baru dan menyenangkan. Nggak ada salahnya jika kamu perlu menyendiri sebentar dan melakukan me time kecil.

Jenuh Bisa Picu Stres, Ini Tandanya Kalau Kamu di Bawah Tekanan

Kamu cepat sekali terbawa perasaan dalam menghadapi suatu persoalan. Merasa lekas marah dan sedih mungkin akan kamu rasakan. Jika memang ini yang terjadi maka kamu dilanda stress ringan. ini lebih cenderung kepada masalah personal antara kamu dengan orang lain yang belum sempat terselesaikan. Nggak ada salahnya juga menyelesaikan masalah dengan mengajaknya berbicara baik-baik. Atau kalau kamu membutuhkan teman bicara kamu bisa meninggalkan rutinitasmu sejenak untuk hangout bersama orang terdekat.

Jenuh Bisa Picu Stres, Ini Tandanya Kalau Kamu di Bawah Tekanan

Kamu merasakan bahwa hampir semua orang nggak memahami maksud dan kondisimu yang sekarang. Segala tuntutan dan ekspektasi terus mereka layangkan kepadamu sehingga kamu merasa seperti berjuang sendirian. Nggak perlu sedih dan panik karena komunikasi adalah jalan keluarnya. Kamu bisa menceritakan keadaan dan kesulitanmu kepada orang yang kamu percaya. Ketika kamu berbicara dengan baik mereka pasti memahami.

Jenuh Bisa Picu Stres, Ini Tandanya Kalau Kamu di Bawah Tekanan

Dengan alasan perlu melakukan aktivitas baru kamu melakukan hal yang seharusnya nggak kamu lakukan. Misalnya bergosip terlalu lama pada saat jam kerja sehingga kamu nggak produktif dalam bekerja. Karena memang sebagian besar dari kamu akan melakukan poin ini jika kamu merasa bosan atau stress. Hindari untuk melakukan kegiatan yang merugikan kesehatan sebagai pengalihan sementara.

Ternyata faktor munculnya stress bisa ditandai dari hal-hal kecil, jangan ragu untuk merelaksasikan pikiran walaupun sebentar.

 

BACA JUGA : Inilah 5 Cara Ampuh Agar Work-Life Kamu Berjalan Seimbang