Mendapatkan tugas kerja dan harus pergi ke lain kota memang seru. Kondisi ini bisa tak lagi menyenangkan saat Atasanmu memberitahunya secara mendadak. Panik? Tentu. Kamu harus menyiapkan dokumen yang diperlukan dengan cepat dan benar. Disisi lain, kamu bisa jadi mengurus perjalananmu secara mandiri. Simak tips ini agar perjalananmu tak berantakan.

Dapat Tugas Ke Luar Kota Mendadak? 3 Hal Ini Wajib Kamu SiapkanFoto: sheenafab.com

Ini adalah urusan profesional dan kamu memiliki waktu yang cukup singkat. Abaikan untuk memilih kriteria penginapan yang sesuai dengan harapanmu. Kamu bukan sedang berlibur, lho. Yang wajib kamu perhatikan adalah transportasi lokal, jarak antara penginapan dan tempat kerja, hingga dana yang disediakan perusahaan. Memilih penginapan mewah tentu bukan keputusan yang bijak kalau dana yang diberikan nggak terlalu banyak. Kalau kamu pergi dengan tim kerja, nggak ada salahnya untuk mengingatkan mereka bahwa ini adalah pekerjaan mendadak.

Dapat Tugas Ke Luar Kota Mendadak? 3 Hal Ini Wajib Kamu SiapkanFoto: www.shemazing.net

Pastikan untuk mendapat kursi transportasi dan kamar hotel dengan segera. Kalau kamu bisa mencarinya setelah berbicara dengan Atasan maka lakukanlah. Itu kalau kamu bertugas sendirian. Kalau berkelompok pastikan mereka nggak menunda untuk mendapatkan tiket perjalanan. Semua tugas kerja yang serba mendadak memang memancing sikap emosional. Nggak ada salahnya juga memperhitungkan estimasi delay apabila kamu menggunakan pesawat. Oleh karena itu, berpikir dan lakukan komunikasi yang baik terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu mengenai perjalananmu kali ini.

Dapat Tugas Ke Luar Kota Mendadak? 3 Hal Ini Wajib Kamu SiapkanFoto: Theidleman.com

Inilah yang pertama kamu persiapkan saat Atasan memberikan tugas keluar dadakan. Siapkan dokumen yang diperlukan dalam satu tempat yang rapi dan terlihat. Kalau dokumen penting tertinggal kamu akan merepotkan temanmu yang berada di kantor untuk mengirimkannya melalui e-mail. Jangan lupa juga cek kembali kartu identitas di dompetmu. Kalau perjalananmu ke luar negeri, siapkan paspor dan pastikan masa berlakunya lebih dari enam bulan. Membawa rundown acara juga memudahkanmu untuk membawa perlengkapan apa saja agar nggak terjadi salah kostum.

BACA JUGA : 5 Tips Ini Bikin Kamu Semangat Bekerja Pasca Liburan