Mendapatkan pujian memang menyenangkan. Namun, terlalu banyak menerima apresiasi membuatmu yakin kalau keberhasilan selalu diukur dengan pujian. Oleh karena itu, kamu akan terpuruk bila nggak mendapatkannya. Hilangkan kebiasaan ini dan kamu wajib tahu alasannya.

1. Harus terbiasa jujur dengan diri sendiri

Hindari Terlalu Mencari Pujian, Ini Alasannyaunsplash.com
 

Seringkali kamu melakukan hal yang memberatkan diri atau hal yang nggak disuka demi orang lain. Suka melihat orang lain tersenyum kepadamu. Merasa ada ketika mereka butuh dan kamu selalu mengatakan iya. Dengan kebiasaan yang seperti ini tentu saja hasil kerjamu akan biasa saja atau malah nggak selesai. Mengungkapkan penolakan memang membuat orang lain tekejut. Namun, mereka akan memahami ketika kamu memberikan alasan yang masuk akal.

2. Menggantungkan orang lain

Hindari Terlalu Mencari Pujian, Ini Alasannyaunsplash.com

Membuat orang lain senang atau mendapatkan pujian memang nggak mudah. Secara nggak langsung kamu akan melakukan apa yang menjadi keinginannya. Kalau hasil kerjamu berhasil mereka akan senang dan memuji kamu. Sedangkan kamu hanya mendapatkan perasaan senang yang biasa saja. Atau bahkan kamu merasa nggak nyaman karena memakai saran atau ide dari orang lain. Kalau gagal, tentu kamu akan lebih merasa buruk daripada biasanya. Untuk itu, mulailah menjadi diri sendiri dengan belajar memutuskan.

3. Belajar tanggung jawab

Hindari Terlalu Mencari Pujian, Ini Alasannyaunsplash.com

Mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan dengan pamrih sebuah pujian tentu saja akan terasa lebih berat. Ini karena di dalam hati targetmu hanya mendapatkan pujian, setelah itu selesai. Kalau gagal, kamu akan menyalahkan orang lain karena berbagai alasan. Bersikaplah dewasa. Orang lain akan lebih menaruh respek terhadap kamu ketika kamu punya sudut pandang yang beda dan berani mengungkapkan. Kalau ada orang lain yang ikut campur, kamu kurang punya rasa tanggung jawab terhadap apa yang sedang kamu hadapi.

Hindari untuk menampilkan kepribadian dan kinerja palsu demi mendapatkan suatu pujian. Jadilah orang yang cemerlang dengan menyingkirkan segala hal yang negatif. Setelah itu, kamu bisa menarik orang lain yang menghargai apa yang kamu lakukan dan inginkan.

BACA JUGA : Ketahui Dampak Negatif Ketika Kamu Terlalu Ambisius