Menjadi seorang yang pekerja keras adalah kewajiban, jika ingin sukses di masa depan. Kebiasaan disiplin dan memanfaatkan waktu bisa menjadi modal, selain cerdas serta cekatan. Namun, seorang yang pekerja keras mudah sekali khawatir. Jika pekerjaan harian nggak selesai bisa stres kecil hingga uring-uringan.

Dampaknya, mereka mengisi sebagian besar waktunya dengan bekerja, bahkan saat akhir pekan. Tentu ini kurang bagus, kan. Mau melepaskan malah gelisah. Kalau kamu merasa seperti ini, ada beberapa cara supaya lebih santai dan bisa relaksasi menghadapi pekerjaan harian.

1. Batasi jam kerja

Cara Relaksasi Ini Cocok untuk Kamu yang Suka Kerja KerasPexels.com/Pixabay

Jam kerja selama 8 jam hampir setiap hari sebenarnya cukup kalau kamu bisa mengaturnya dengan baik. Memang tugas kerja setiap hari ada yang baru, tapi kamu juga harus peduli dengan diri sendiri. Jika memang harus pulang kerja, hindari untuk membawa dokumen pekerjaan. Gunakan waktu untuk relaksasi. Jika akhir minggu terpaksa kerja, atur beberapa jam saja.

2. Kurangi perfeksionis

Cara Relaksasi Ini Cocok untuk Kamu yang Suka Kerja KerasPexels.com/Pixabay

Adanya sikap kerja keras nggak menutup kamu untuk memunculkan keinginan untuk selalu tampil sempurna. Efeknya, kamu menggunakan waktu senang-senang untuk menyelesaikan pekerjaan. Padahal pekerjaan yang baik adalah ketika sudah selesai. Kamu bisa melanjutkan tugas yang selanjutnya. Kalau harus sempurna, pekerjaan lain akan semakin menumpuk.

3. Belajar menolak

Cara Relaksasi Ini Cocok untuk Kamu yang Suka Kerja KerasPexels.com/Italo Melo

Punya sifat bekerja keras memang bisa diandalkan, karena kamu termasuk orang yang bertanggung jawab. Akan tetapi, kamu juga wajib tahu kapasitas diri. Berani menolak, jika ada pekerjaan yang seharusnya nggak dikerjakan. Misalnya, memanipulasi hasil kerja. Atau, ada teman yang sengaja memanfaatkan kamu. Itu juga harus kamu tolak, karena nggak menguntungkan.

4. Bersosialisasi

Cara Relaksasi Ini Cocok untuk Kamu yang Suka Kerja KerasPexels.com/Lisa Fotios

Salah satu cara melepaskan penat kerja adalah berkumpul dengan teman atau orang terdekat. Saling berbagi obrolan dan melontarkan candaan bisa membuat kamu segar kembali. Bekerja memang boleh serius, tapi kamu juga perlu melakukan interaksi yang menyenangkan. Cara ini juga bisa membuat kamu nggak terlalu stres dan lebih segar keesokan harinya.

5. Lakukan relaksasi ringan

Cara Relaksasi Ini Cocok untuk Kamu yang Suka Kerja KerasPexels.com/Artem Bali

Panjangnya durasi jam kerja memang bisa membuat stres dan bosan. Untuk itu, lakukan penyegaran kecil-kecilan. Misalnya, keluar gedung kantor untuk mencari udara segar atau pergi ke kedai kopi terdekat dengan jalan kaki. Carilah kegiatan kecil di luar gedung selama beberapa menit. Itu akan bisa membuat kamu segar kembali.

6. Tulis daftar kekhawatiran

Cara Relaksasi Ini Cocok untuk Kamu yang Suka Kerja KerasPexels.com/Min An

Sebagai generasi muda yang sudah mulai bekerja tentu banyak sekali keinginan, tantangan, hingga kekhawatiran. Memang bisa membuat nggak fokus hingga susah tidur. Kalau sudah seperti ini, tuliskan saja kegelisahan dalam buku jurnal. Jangan lupa juga untuk menuliskan hal-hal baik yang membuat bahagia. Dari poin-poin yang telah kamu buat, bisa introspeksi diri.

7. Putar musik favorit

Cara Relaksasi Ini Cocok untuk Kamu yang Suka Kerja KerasPexels.com/Burst

Cara paling mudah agar dunia kamu nggak hanya dipenuhi dengan pekerjaan. Putar musik favorit. Atau kamu bisa cari musik yang belum pernah kamu dengar. Nikmati alunan lagu dan resapi liriknya. Pasti ada beberapa lagu yang membuat kamu merasa lebih baik dan bersyukur. Bersantai sambil mendengarkan musik memang menyenangkan. Apalagi ditemani dengan teh hangat.

Ada baiknya kamu nggak memikirkan tentang pekerjaan, ketika lagi relaksasi.

Baca Juga: Kamu Harus Ubah Pola Hidup Jika Rasakan Tanda IniĀ