Dalam bekerja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan memang bisa membuat berantakan. Baik menjadi anggota, ketua tim, maupun bos harus siap dengan hasil atau informasi yang kurang menyenangkan. Ketika kamu bertugas menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan, jangan terbawa suasana. Kamu bisa lakukan tiga cara sederhana ini.

1. Hindari untuk menyalahkan di awal

Dapat Kabar Buruk Seputar Pekerjaan? Sampaikan Pakai Cara Ini Bela!unsplash.com/Breather

Sebagai orang yang bertugas menyampaikan tentu saja kamu menerima informasi lebih dulu dari bos. Sikap bos yang emosional atau cenderung tenang bisa memengaruhi penyampaian kamu kepada teman-teman lainnya. Jika kamu mendapatkan perkataan yang kurang berkenan darinya, jangan lekas emosi. Ada baiknya kamu redakan dan menenangkan diri sebentar sebelum bertemu dengan tim. Setelah itu, kamu bisa paparkan secara netral. Jika memang terpaksa boleh sedikit menyinggung. Tujuannya bukan menjatuhkan, supaya tim bisa bekerja lebih teliti lagi. Atau, kalau memang harus ada yang disampaikan secara personal, maka tidak perlu untuk membahasnya di depan yang lainnya.

2. Sampaikan beserta solusinya

Dapat Kabar Buruk Seputar Pekerjaan? Sampaikan Pakai Cara Ini Bela!unsplash.com/J. Kelly Brito

Setelah kamu berbicara dengan tim, biasanya akan terjadi diskusi kecil. Kalau memang sebelumnya kamu telah berdiskusi dengan bos, ada baiknya untuk disampaikan. Hindari untuk merahasiakan informasi dalam keadaan darurat. Disamping itu, kamu bisa meminta teman satu tim untuk memaparkan pendapatnya. Memang ada waktu untuk rapat bersama dengan bos. Tapi, tidak ada salanya kalau tim punya solusi terlebih dahulu. Dalam diskusi kecil ini, hindari untuk memojokkan salah satu teman atau membuat yang lain tersinggung.

3. Tunjukkan data

Dapat Kabar Buruk Seputar Pekerjaan? Sampaikan Pakai Cara Ini Bela!unsplash.com/Breather

Berada dalam posisi yang seperti ini, akan melatih kamu untuk bersikap profesional. Dalam menyampaikan informasi yang kurang baik seperti ini, kamu perlu menyiapkan data. Biasanya kamu dan bos telah berbagi data. Dengan data tersebut paparkan secara jelas kepada tim agar mereka percaya. Kalau misalnya tanpa data, mereka hanya menganggap informasi tersebut bukan hal yang cukup penting. Dengan data, tim kerja juga bisa mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi. Untuk langkah selanjutnya, mereka bisa bekerja dengan lebih bertanggungjawab.

Tujuannya agar tim mengerti kekurangannya masing-masing dan lebih baik untuk yang selanjutnya.

BACA JUGA : 7 Perkataan Ini Tidak Boleh Kamu Katakan Kepada Teman Kantormu