Tips Mengelola THR Agar Tidak Cepat Ludes

Apa kabar THR kamu?

Tips Mengelola THR Agar Tidak Cepat Ludes

Salah satu hal yang paling menyanangkan saat sudah bekerja adalah mendapatkan tunjangan hari raya. Jumlahnya pun bervariasi sesuai dengan kontrak kerja. Mendapatkan THR beserta gaji bulanan membuat kamu berhura-hura. Tanpa kamu sadari, kedua dana tersebut menipis. Untuk mengantisipasi hal ini, ada cara mengelola THR agar tidak cepat habis yang bisa kamu jalankan.

Tips Mengelola THR Agar Tidak Cepat Ludes

Mendapatkan bonus pendapatan saat Hari Raya ada baiknya untuk tidak melupakan sesama. Daripada kamu meminjamkan uang kepada teman untuk tujuan yang tidak jelas, ada baiknya untuk bersedekah. Sisihkan untuk zakat dan infaq. Tidak ada ruginya untuk melakukan kebaikan dengan cara ini. Bisa juga dengan cara berbuka puasa bersama dengan mereka yang membutuhkan.

Godaan berbelanja saat Ramadan dan Lebaran memang luar biasa. Banyak sekali promo potongan harga hingga midnight sale. Kalau memang dirasa sudah cukup dengan barang yang kamu punya, maka tidak perlu membeli. Tidak belanja baju karena kamu ingin padu padan baju-baju lama adalah pilihan yang cerdas. Membawa oleh-oleh untuk di rumah pun tidak perlu berlebihan.

Uang THR yang hampir atau mencapai satu kali gaji memang jumlahnya cukup besar apabila kamu sisihkan. Bukan bermaksud terlalu kaku dan serius. Tapi, kamu perlu dana darurat dan tabungan untuk masa depan. Ada baiknya kamu letakkan di rekening khusus tabungan, investasi, atau dana darurat. Pengeluaran memang tinggi saat bulan seperti ini, hindari bokek sebelum gajian bulan berikutnya.

Bagi-bagi THR atau angpao memang tradisi sejak kecil. Dulu memang kamu banyak pemasukan uang jajan saat Lebaran. Namun sekarang kondisinya berbalik. Boleh bagi-bagi rejeki dengan saudara, tapi harus cermat. Jangan sampai setengah atau lebih THR kamu pakai untuk ini. Jika ada saudara senior yang menyindir siapkan jawaban yang bijak dan tetap ramah, ya.

Itulah cara mengelola THR agar tidak cepat habis yang bisa kamu jalankan. Demi THR dan gaji selamat tidak ada salahnya dicoba.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here