Mempunyai waktu sehari 24 jam belum cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Apalagi kalau untuk rehat, rasanya mustahil. Waktu istirahat pun kamu ambil untuk melakukan sesuatu kegiatan yang produktif, seperti menyelesaikan pekerjaan.

Oleh sebab itu, ketika kamu ingin beraktivitas kembali badan dan pikiran akan menolak. Dan, rasanya ingin istirahat terus. Jangan khawatir, kamu hanya perlu melakukan hal sederhana seperti ini.

1. Jauhkan diri dari laptop

Tips Rehat agar Kamu Siap Produktif Kembali unsplash.com/Christin Hume

Memutuskan untuk istirahat ada baiknya untuk tidak terlalu fokus dengan laptop, walaupun kamu bisa menghibur diri dengan berselancar di dunia maya. Ini bisa mengingatkan kamu dengan tugas-tugas kecil yang belum sempat kamu selesaikan. Bermaksud menyelesaikan dalam waktu singkat, pada kenyataan akan sebaliknya. Akhir pekan atau di malam hari saat hari kerja memang ada baiknya melepaskan semua beban pekerjaan untuk sementara. Istirahatkan badan dan pikiran agar kamu tidak mudah terkena stres.

2. Manfaatkan waktu untuk sosialisasi langsung

Tips Rehat agar Kamu Siap Produktif Kembali unsplash.com/Kevin Bhagat

Mempunyai waktu luang untuk diri sendiri ada baiknya kamu manfaatkan. Tentu saja bosan jika terus berhadapan dengan layar. Ini bisa membuat sosialisasi dengan orang berkurang. Kamu bisa lakukan dengan cara unik, misalnya dengan pergi ke pasar tradisional. Percakapan kecil dan sederhana bisa meningkatkan sosialisasi. Jika ada festival jangan ragu untuk ikut, karena kamu akan bertemu dengan teman lama dan kenalan baru.

3. Jangan main sosial media waktu istirahat

Tips Rehat agar Kamu Siap Produktif Kembaliunsplash.com/rawpixel

Media sosial memang merupakan salah satu hiburan. Namun, kamu perlu memahami dampak terlalu lama main media sosial. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memanjakan diri. Salah satunya adalah ke salon dan spa. Percaya atau tidak, kamu hanya butuh relaksasi yang seperti ini untuk menyambut tantangan selanjutnya. Beri penghargaan untuk diri sendiri. Selain itu, memantau isi media sosial saat harus istirahat juga akan memberikan pengaruh terhadap kesehatan.

4. Pilih aktivitas dalam rumah

Tips Rehat agar Kamu Siap Produktif Kembaliunsplash.com/rawpixel

Jika bepergian membuat kamu semakin lelah dan kurang istirahat, ada baiknya untuk tidak kemana-mana. Banyak kegiatan seru dan bermanfaat di rumah. Kamu bisa menata kembali perabotan dan menyingkirkan barang yang tidak terpakai. Selain itu, tingkatkan kemampuan memasak pada saat seperti ini. Sesuaikan saja dengan kegiatan rumahan mana yang kamu pilih. Jika memang harus pergi untuk membeli keperluan jangan malas, anggap saja penyegaran sederhana.

5. Tulis kegiatan di agenda

Tips Rehat agar Kamu Siap Produktif Kembali unsplash.com/Kari Shea

Kamu bisa memantau dengan baik apa saja yang kamu butuhkan dan kerjakan setiap hari. Dari sini bisa belajar mengatur waktu. Walaupun kamu orang yang kreatif dan kurang bisa rapi, agenda kegiatan tetap dibutuhkan. Tujuannya agar kamu tidak menumpuk pekerjaan dan rapat dalam satu hari. Sehingga kamu dapat meminimalisir stres yang timbul. Jika memang jadwal harian tidak begitu padat, bisa kamu manfaatkan untuk mengistirahatkan badan.

Jangan sampai segala tugas dan kewajiban membuat kamu lalai untuk istirahat.

BACA JUGA : 7 Tanda Stres Telah Memengaruhi Hidupmu