Penyebab stres terbesar bisa terjadi di kantor. Ini karena kamu menghabiskan waktu paling tidak selama 8 jam hampir setiap hari, menemui masalah yang berbeda dengan orang yang sama. Belum lagi ketika Ramadan. Apakah kamu yakin tidak lebih stres dari pada yang sebelumnya? Untuk itu, simak tips ini agar bisa mengurangi kadar stres di kantor saat Ramadan.

Begini Caranya Kurangi Stres Bekerja Saat Puasa
 
Terdengar klise tapi memang benar kalau rutin berolahraga, kamu bisa mengelola stres dengan baik. Biasakanlah untuk menggerakkan badan paling tidak 20 menit setiap pagi. Tujuannya agar otot tidak terlalu tegang dan pikiran lebih segar untuk menjalani hari. Apabila sedang berpuasa, kamu bisa melakukan yoga dengan gerakan ringan atau berjalan kaki. Jangan paksakan kalau sudah mulai lelah, sebab masih ada kegiatan selanjutnya.
 
Begini Caranya Kurangi Stres Bekerja Saat Puasa
 
Berpuasa berarti kamu wajib lebih menahan emosi dari biasanya. Sepertinya saat puasa godaan yang melibatkan sisi emosional terasa lebih besar. Inilah bagian yang paling susah dan bisa menambah ketegangan pikiran. Jika ada teman kerja yang memancing perkara, jangan dipedulikan. Hal-hal yang kurang menyenangkan seperti, rapat di jam yang kurang tepat, kritikan tajam, hingga manipulasi memang tidak kenal waktu. Kalau kamu sempat mengalami seperti itu, tenangkan pikiranmu dulu.
 
Begini Caranya Kurangi Stres Bekerja Saat Puasa
 
Ada beberapa alasan setiap individu menjalankan puasa. Kalau sedang dilanda emosi yang berlebihan, maka ada baiknya kamu mengingat kembali tujuanmu berpuasa. Seperti yang kamu ketahui, kalau puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. Salah satu manfaat berpuasa adalah agar kamu mendapatkan mental yang lebih sehat. Yang mana bisa mengurangi pemikiran dan prasangka negatif di dalam diri. Jadi, akan percuma kalau kamu kurang bisa mengendalikan dirimu.
 
Begini Caranya Kurangi Stres Bekerja Saat Puasa
 
Permasalahan yang terjadi bisa karena tidak sengaja atau memang sengaja. Ini wajar terjadi karena terlalu banyak kepentingan dan setiap orang ingin mencapai tujuan masing-masing. Mengetahui hal yang seperti ini bisa membuatmu pusing. Oleh karena itu, kalau ada teman kerja yang memancing persoalan sebaiknya kamu tidak perlu ikut. Persoalan bisa mengenai urusan pekerjaan maupun obrolan yang sensitif. Untuk itu, istirahatkan dirimu dari obrolan yang menyebalkan.
 
Begini Caranya Kurangi Stres Bekerja Saat Puasa
 
Sama dengan manfaat olahraga yang kamu lakukan setiap hari. Kurang tidur di malam hari bisa membuat emosi kurang stabil keesokan harinya. Bukannya mau memanjakan diri dan enak-enakan, tapi tubuh dan pikiran harus mendapatkan istirahat yang cukup. Terutama bagi kamu yang berpuasa. Disisi lain, poin ini juga merupakan tantangan terbesar bagi kamu yang menjalankan puasa. Semua bisa diatur, tinggal bagaimana kamu menjalani pola hidup.

Intinya, olah energimu sebaik mungkin ketika puasa.

BACA JUGA : Tips Ini Membantu Kamu Tetap Fokus Kerja Saat Berpuasa