Di masa kuliah ada beragam tipe teman yang kamu kenal. Ada yang fokus ikut organisasi dan ekstrakurikuler, mengambil pekerjaan sampingan, nilai, pelajaran, mengejar beasiswa, dan masih banyak lagi. Mereka semua tentu punya alasan untuk melakukan kegiatan yang dipilihnya. Lalu, ada juga yang berusaha untuk ikut pertukaran pelajar atau program internasional.

Ada yang berpendapat kalau ikut pertukaran  pelajar hanya memperlama waktu lulus. Kamu pun goyah dan ragu untuk mencoba. Padahal, kegiatan ini banyak sekali manfaatnya. Selain dapat teman baru dan menguasai Bahasa asing, inilah keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Kelas kehidupan nyata

Alasan Kamu Wajib Ikut Pertukaran Pelajarunsplash.com/ NeONBRAND

Biasanya kamu akan duduk manis di kelas, mendengarkan teman presentasi, dosen memberikan penjelasan, dan mengerjakan tugas. Ada beberapa yang berbeda ketika kamu memutuskan untuk ikut pertukaran pelajar. Tugas yang diberikan selalu ada hubungannya dengan permasalahan global hingga di sekitar kamu. Menyelesaikannya pun harus dibuktikan dengan data yang valid.

Kalau mengambil jurusan yang memerlukan praktik lapangan, kamu wajib terjun langsung. Disini, secara nggak langsung kamu akan tahu bagaimana bidang kerja kamu setelah lulus. Sesuai dengan jurusan yang kamu ambil atau nggak. Merasakan bagaimana mereka bertahan dengan kondisi sosial dengan keahlian yang dipunya akan kamu alami.

Mengamati

Alasan Kamu Wajib Ikut Pertukaran Pelajarpexels.com/pixabay

Lakukan kegiatan ini saat sendirian. Karena kamu bebas mengamati apa saja dilihat oleh mata, tanpa ada orang lain yang terlalu ingin tahu. Manfaatkan waktu istirahat pergantian kelas, jeda mengerjakan tugas, hingga melepas lelah dengan mengamati manusia dan lingkungan sekitar. Jangan lupa ambil gambar, kalau ada yang tempat yang menarik.

Salah satu bentuk adaptasi yang bisa dilakukan adalah mengamati. Setelah itu, kebiasaan ini bisa membuat kamu meningkatkan kepedulian terhadap orang lain. Karena, dari mengamati kamu mengetahui seperti apa kebiasaan orang. Selain itu, mengamati kehidupan manusia adalah bagian dari perjalanan.

Lebih kuat

Alasan Kamu Wajib Ikut Pertukaran Pelajarunsplash.com/Caleb Minear

Banyak perubahan yang terjadi ketika memasuki dunia perkuliahan. Ada fase remaja yang harus kamu tinggalkan dan menjadi dewasa yang akan kamu hadapi. Misalnya, dari semester pertama akan bertanggung jawab dengan diri sendiri untuk masuk kelas jam 7 pagi dengan peraturan yang lebih longgar daripada masa sekolah.

Hal sederhana itu bisa menjadi berkembang lebih luas ketika kamu berada di negara lain sendirian. Menggali kemampuan diri untuk menghadapi kehidupan nyata. Kamu akan bergantung dengan dirimu sendiri. Menghadapi permasalahan dan penyelesaiannya secara tangguh dan mandiri.

Membuktikan stigma

Alasan Kamu Wajib Ikut Pertukaran Pelajarpexels.com/Matheus Bertelli

Tumbuh berkembang di lingkungan yang kamu kenal secara nggak langsung juga menerima stigma dari orang yang lebih tua. Dipaksa untuk menerima. Berusaha keluar dari zona nyaman, namun masih berada di lingkungan dekat pun nggak gampang. Tapi, kamu ingin maju, belajar menghadapi tantangan hidup, dan menggali kemampuan.

Tentu saja kamu akan dihadapkan dengan beragam stigma kalau ingin melangkah yang lebih jauh, walaupun mereka mendukungmu. Kamu harus membutikkan sendiri atas beragam stigma yang telah kamu terima. Dengan cara melihat dan mengalami hal baru yang bermanfaat.

Terbiasa sendirian

Alasan Kamu Wajib Ikut Pertukaran Pelajarunsplash.com/Tim Gouw

Menjalankan aktivitas sendirian sebenarnya hal biasa, namun sebagian menganggap berbagai macam. Padahal dengan sendirian sudut pandang baru yang akan kamu dapat. Disisi lain ada beberapa aktivitas memang mengharuskan kamu untuk sendirian, kan. Menghabiskan satu atau dua semester untuk kuliah di luar negeri adalah kesempatan yang bisa membuat kamu berkembang pesat.

Menemukan jalan dan tujuan hidup menurut versimu. Menjadi orang dewasa di satu atau dua permasalahan tanpa ada orang lain yang menuntun. Menghadapi beragam perubahan sifat orang dan kejadian yang sangat cepat sendirian adalah pengalaman besar.

Mencoba makanan baru

Alasan Kamu Wajib Ikut Pertukaran Pelajarpexels.com/pixabay

Mendapatkan kesempatan seperti ini, ada baiknya nggak hanya kamu gunakan untuk belajar saja. Menggali hal-hal yang menjadi ciri khas negara yang sedang kamu tempati. Salah satunya adalah makanan. Walaupun terlihat sederhana dan menyenangkan, mencoba makanan lokal disana termasuk langkah kecil untuk keluar dari zona nyaman.

Ajak diri sendiri untuk mencoba makanan yang belum pernah dimakan. Jangan menilai dari awal enak atau kurang enak dari bau dan tampilannya sebelum mencicipi. Perluas cita rasamu dengan melakukan pertualangan seru di bidang kuliner.

Pengenalan budaya

Alasan Kamu Wajib Ikut Pertukaran Pelajarunsplash.com/Valery Rabchenyuk

Suka dengan budaya, cara belajar paling baik adalah belajar langsung di negaranya. Mengalami langsung perbedaan budaya membuat mata lebih terbuka, saling menghargai, membuktikan stigma yang tertanam sejak lama, hingga perbedaan cara hidup, dan kebiasaan. Kamu akan terbiasa dengan hal seperti ini.

Belajar kebiasaan orang lokal dalam jangka waktu tertentu itu sangat seru. Kamu bisa tahu jam berapa mereka mulai aktivitas, bahasa, aksara, menu sarapan pagi yang tersedia, makanan khas, musik, membuang dan memilah sampah, acara festival budaya, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Memasuki Tahun Pertama Kuliah, Target Ini Bisa Kamu Capai