Bela, pernah nggak sih ngerasain kurang pede untuk ikut meeting? Apalagi buat kamu yang nggak pernah ikut serta dalam meeting sama sekali, pasti panik deh! Meeting memang terkadang membuat kita grogi, semua orang pasti pernah merasakan hal seperti itu kok dan itu wajar banget Bela. Kali ini Popbela akan membagi tips agar kamu tetap pede dalam mengikuti meeting. Yuk simak!

Grogi Saat Meeting? Coba Ikuti 3 Tips Ini!

Ketika kamu diberikan kesempatan berbicara atau diminta untuk berbicara di dalam meeting, usahakan jangan berbicara terlalu cepat dan berantakan. Artinya, lebih baik kamu berbicara pelan dan jelas sehingga para anggota meeting mengerti apa yang kamu bahas dan kamu terangkan. Dengan begitu kepercayaan diri kamu akan mulai tumbuh. Jangan sampai orang lain menjadi bingung tentang apa yang kamu jelaskan. Tetaplah berusaha tenang dan tidak terbata-bata dalam berbicara ya!

Grogi Saat Meeting? Coba Ikuti 3 Tips Ini!

Meeting nggak akan pernah dilakukan secara mendadak, kecuali memang kebutuhan yang urgent. Jadi, pastinya sebelum mengadakan meeting kamu akan mendapatkan bahan meeting minimal satu hari sebelumnya. Ada baiknya kamu membaca ulang dan mempelajari bahan meetingmu sehingga pada saat meeting kamu mengerti mengenai apa saja yang dibahas. Ketika kamu mengerti dan paham, kepercayaan diri kamu otomatis akan meningkat!

Grogi Saat Meeting? Coba Ikuti 3 Tips Ini!

Bela, poin ini penting banget nih, karena untuk sebagian orang, mereka nggak pede untuk mengutarakan pendapatnya di dalam meeting sehingga alhasil mereka nggak aktif di dalam meeting itu sendiri. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu ya Bela! Every idea is worth sharing! Nggak ada ide yang buruk termasuk juga ide kamu. Jika kamu nggak pede dengan idemu karena kamu mengira bahwa idemu biasa-biasa aja, bisa jadi orang lain menganggapnya luar biasa! Who knows?

Nah, gimana Bela? Sudah siap untuk meetingmu besok?

BACA JUGA: Ingin Kelihatan Smart Waktu Meeting? Bisa dengan 5 Trik Ini, Kok!