Jika kamu selalu mencarinya ketika baru sampai di kantor, teman jajan kopi, atau terkadang berbagi cerita kehidupan pribadimu, maka kamu mungkin menganggap rekan kerja ini lebih dari sekadar kolega. Bisa jadi, lebih mendekati sebagai teman dekat.

Memang bekerja dengan teman dekat tidak luput dari konflik, seperti memisahkan antara hubungan emosional dengan bertindak secara profesional. Tapi, memiliki teman dekat di kantor tetap ada positifnya kok, Bela. Apa saja? 

1. Meningkatkan produktivitas

Punya Support System Kuat, Ini Manfaat Punya Teman Dekat di Kantorfreepik.com/ boggy

Jika kamu mempunyai teman dekat di kantor, maka kemungkinan besar tidak ada lagi yang namanya "I hate Monday". Kamu punya alasan yang menyenangkan untuk bekerja, dengan kehadirannya untuk mendukungmu sekaligus saling membantu dalam hal pekerjaan. Tentunya hal ini akan berdampak positif bagi kinerja dan produktivitasmu. 

Mood juga sering berpengaruh pada saat kerja. Oleh karena itu, mempunyai teman dekat untuk sharing hal-hal bersama akan meningkatkan mood-mu.

2. Membuat kerjamu lebih menyenangkan

Punya Support System Kuat, Ini Manfaat Punya Teman Dekat di Kantorfreepik.com/ senivpetro

Mempunyai teman dekat di kantor akan membuatmu semakin betah untuk bekerja dan lingkungan semakin menyenangkan. Kamu nggak akan bosan karena kamu bisa bercanda, ngobrol di saat istirahat ataupun saat luang.

Jam kantor yang biasanya kamu selesaikan selama 8 jam sehari, jadi tak terasa karena kamu merasa tempat kerja sebagai rumah kedua untukmu.

3. Punya support system

Punya Support System Kuat, Ini Manfaat Punya Teman Dekat di Kantorfreepik.com/ rawpexel

Saat kamu mempunyai teman dekat di tempat kerja, tentunya kamu akan mempunyai berbagai dukungan. Hal ini menjadikan mereka support system di luar keluarga. Semakin banyak teman yang mendukungmu, tentunya kamu akan mempunyai kepercayaan diri untuk melakukan pekerjaan yang diberikan.

Nggak hanya itu, teman dekat juga bisa memberikan opini secara jujur terkait hal-hal dalam pekerjaan.

4. Lebih berani mengambil risiko

Punya Support System Kuat, Ini Manfaat Punya Teman Dekat di Kantorfreepik.com/ tirachardz

Jika kamu merasa mempunyai teman dekat di kantor, kamu merasa punya orang yang mendukungmu. Dengan hal ini tentunya kamu dapat lebih percaya diri dalam mengambil risiko pekerjaan yang ada.

Kamu merasa banyak orang di sekelilingmu dan nggak sendiri. Jadi, saat kamu ada kesulitan, ada sosok yang akan membantu dan memberi berbagai masukkan positif untukmu.

5. Lebih solid untuk bekerja dalam tim

Punya Support System Kuat, Ini Manfaat Punya Teman Dekat di Kantorfreepik.com/ wayhomestudio

Selain sebagai teman dekat, tentunya mereka adalah sebuah tim dalam perusahaan. Jika sudah ada kepercayaan satu sama lain, hal ini juga memengaruhi kekuatan di dalam perusahaan tempat kalian bekerja. Selain itu, teman dekat yang merupakan satu atau beda divisi juga akan lebih merasa saling memiliki satu sama lain.

Nah, apakah kamu atau teman dekat di kantormu selama ini sudah memenuhi kelima poin di atas, Bela?

Baca Juga: Ini 5 Karakter Rekan Kerja Toxic dan Cara Menghadapinya

Baca Juga: 5 Tips Membangun Pertemanan dengan Rekan Kerja di Kantor

Baca Juga: Pertanda Teman Kerja Diam-diam Tidak Suka Kamu