Bio One baru-baru ini sukses membuat haru warganet, karena bertemu dengan istri Almarhum Gepeng. Lewat unggahan Instagram dari sang Sutradara, Fajar Nugros menuliskan bahwa Bio One yang berperan sebagai Gepeng di film Srimulat: Hil Yang Mustahal, bertemu dengan Ibu Supiah, istri almarhum Gepeng dalam pemutaran Sfilm tersebut di di Solo, semalam, Minggu (22/05/2022).

Berakting sejak usianya masih belia di tahun 2003 silam, tentu banyak kisah yang telah dilalui Bio. Dari mulai FTV lalu sinetron, bahkan film. Bio mulai debutnya di dunia film sejak tahun 2005 dalam film Dealova. Mungkin beberapa juga tidak ingat dengan peran-perannya di film tersebut karena sudah cukup lama dan peran yang dibintanginya cukup kecil. 

Berbicara soal film, berikut deretan layar lebar yang pernah dibintangi oleh Bio One. Apa saja, ya?

1. Anak Ajaib

https://www.youtube.com/embed/X-f_x5wR1fE

Film ini rilis pada tahun 2008. Dalam film ini, Bio mendapatkan peran utama pertamanya untuk sebuah layar lebar. Bio berperan sebagai Rizky yang berusia 10 tahun, Rizky merupakan anak ajaib karena memiliki indra keenam.

2. Sule, Ay Need You

https://www.youtube.com/embed/lTZc2zRxLzg

Film Sule, Ay Need You rilis tahun 2012. Peran Bio di sini tidak sebagai pemeran utama melainkan pendukung saja. Bio berperan sebagai Dava, yang merupakan anak kedua dari Drs. Andre MHT Msc (Andre Taulany) yang tiba-tiba saja menghilang.

3. Seteru

https://www.youtube.com/embed/mqtV50mA25Q

Film yang rilis tahun 2017 ini kembali percayakan Bio sebagai salah satu peran utama. Perannya di sini sebagai Martin Tan. Tokoh Martin merupakan salah satu pimpinan tawuran SMA yang akhirnya diharuskan mendapatkan pembinaan dari seorang Letkol Rahmat yang merupakan Komandan Kodim. 

4. Rembulan Tenggelam di Wajahmu

https://www.youtube.com/embed/bIBTj3sOrxA

Film yang rilis Desember 2019 silam ini kembali memercayakan Bio sebagai salah pemeran utama. Peran Bio dalam Rembulan Tenggelam di Wajahmu sebagai Ray masa muda, sementara Ray saat dewasa diperankan oleh Arifin Putra. Pencarian jati diri Ray di masa muda diperankan baik oleh Bio, berbagai macam aksi laga juga diperankan Bio dengan memukau.

5. Rentang Kisah

https://www.youtube.com/embed/0DMqJAAeZtk

Film yang akhirnya tayang melalui platform Disney+ Hotstar ini mengisahkan pengalaman dari sang penulis Gita Savitri, yang diadaptasi dari novel berjudul sama di tahun 2017. Bio berperan sebagai Paul Partohap pemuda yang banyak dikisahkan oleh Gita dalam novel tersebut yang kini telah menjadi suaminya.

6. Hujan di Balik Jendela

https://www.youtube.com/embed/WxCcmSvOIm4

Tahun 2021, Bio One terlibat dalam produksi film drama yang rilis di platform KlikFilm yang berjudul Hujan di Balik Jendela. Dalam film ini, Bio One berperan sebagai Dika, kekasih dari Alda (Yasamin Jasem). 

Film yang disutradarai oleh Dyan Sunu Prastowo ini berkisah tentang Dika dan Alda yang telah berpacaran sejak kuliah. Mereka berjanji akan menikah saat lulus dan telah bekerja kelak.

Saat keduanya lulus, Alda yang berjanji akan memainkan lagu menggunakan piano di hari pernikahan mereka, mengambil kursus piano dengan seorang perempuan berusia 40 tahun bernama Gisel (Clara Bernadeth). Gisel memiliki trauma mendalam yang membuatnya enggan memakan kue tar dan menerima murid laki-laki karena membuatnya ingat kepada mantan pacarnya. 

Kehadiran Dika berbeda. Gisel perlahan bisa membuka diri dan menjadi dekat dengan Dika. Di sisi lain, hubungan Dika dan Alda pun menemukan konflik yang pelik.

7. Persahabatan Bagai Kepompong

https://www.youtube.com/embed/AnCgilOUyMQ

Kamu yang lahir di tahun 90-an, pasti nggak asing dong, dengan sinetron Kepompong? Sinetron tersebut berkisah tentang persahabatan enam orang remaja SMA yang semuanya satu sekolah.

Mengadaptasi sinetron tersebut, rumah produksi Frame Ritz membuatnya dalam versi film dan rilis di platform Disney+ Hotstar dengan judul Persahabatan Bagai Kepompong.

Film ini berkisah tentang Ben Sarjono (Bio One) yang baru saja pindah dari Bandung ke Jakarta setelah ibunya meninggal dunia dan ayahnya dinas ke Papua. Di Jakarta, Ben satu sekolah dengan sepupunya, Isabel (Yasmin Napper) dan Yuan (Fransiskus Michael). Isabel khawatir Ben akan menjadi bulan-bulanan geng The Mafioso yang suka menindas. Namun, di sekolah baru ini, Ben bertemu dengan sahabat baru yang membantunya beradaptasi dan melawan geng The Mafioso.

8. Father & Son

https://www.youtube.com/embed/86zAbkb4ip0

Masih dari platform KlikFilm, Bio One kembali menjadi pemeran utama dalam film Father & Son. Film ini berkisah tentang Iman (Bio One), remaja yang nggak populer dan menjadi bulan-bulanan anak-anak berandalan di sekolah. Kuper dan jarang berkumpul dengan teman di sekolah menjadi alasan mengapa Iman mendapat perlakuan demikian.

Iman kurang bergaul bukan tanpa alasan. Ia harus merawat bapaknya yang lumpuh, Pak Rahman (Dwi Sasono), sehingga tak ada waktu untuk bermain. Setelah Pak Rahman meninggal dunia, Iman bisa lebih bebas bergaul dan hubungan mereka menjadi lebih dekat. Bedanya, kini Pak Rahman berwujud arwah jahil yang sering membantu Iman untuk bergaul dengan teman-teman di sekolahnya.

9. Srimulat: Hil yang Mustahal

https://www.youtube.com/embed/-R-tSLyy-uI

Film terbaru dari Bio One yang masih tayang di bioskop di bulan Mei 2022 ini yakni Srimulat: Hil yang Mustahal. Dalam film biopik ini Bio One dipercaya untuk memerankan pelawak legendaris Gepeng. 

Untuk memerankan tokoh Gepeng, Bio One rela kehilangan berat badannya secara drastis agar bisa mendapatkan visual yang mirip dengan aslinya. Selain itu, Bio One juga rela lapar untuk mendalami karakter Gepeng yang datang dari kalangan bawah.

Srimulat: Hil yang Mustahal berkisah tentang perjalanan karier dari grup lawak Srimulat. Dalam film ini kita akan melihat bagaimana Srimulat berjuang untuk tampil di Jakarta, tepatnya di hadapan Presiden Republik Indonesia dan syuting untuk pertama kalinya demi tampil di layar kaca.

Dari deretan film yang pernah dibintangi Bio One tersebut, mana saja yang sudah kamu tonton, Bela?

Baca Juga: [Exclusive] Perankan Gepeng Srimulat, Bio One Sampai "Belajar Miskin"

Baca Juga: Transformasi Bio One, Dulunya Imut Sekarang Terlihat Lebih Kurus

Baca Juga: [Exclusive] Dimas Anggara Berdoa Kerasukan Roh Timbul Demi Srimulat