Sebagai pekerja, BPJS Ketenagakerjaan wajib dimiliki. Sebab, dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, kita memiliki tabungan jaminan hari tua atau pensiun dengan memotong gaji kita setiap bulannya.

BPJS Ketenagakerjaan sangat penting kamu miliki dan nomornya wajib kamu simpan untuk keperluanmu suatu hari nanti. Tapi, bagaimana kalau kamu lupa dengan nomor BPJS kamu? Tenang saja, Bela. Berikut cara mudah mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan.

1. Bertanya langsung pada HRD perusahaan tempatmu bekerja

Wajib Tahu, Cara Mudah Cek Nomor BPJS KetenagakerjaanUnsplash.com/Austin Distel

Pertama, cara mudah mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan bertanya langsung kepada HRD perusahaan tempatmu bekerja. Biasanya HRD perusahaan tentu memiliki database karyawan yang berisikan informasi pribadi, termasuk nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Tanyakan ke pihak yang biasa mengurus BPJS Ketenagakerjaan di kantormu. Jangan lupa untuk memberikan alasan mengapa kamu membutuhkan nomor tersebut.

2. Aplikasi BPJSTKU

Selanjutnya, kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU. Namun, cara ini hanya berlaku untuk kamu yang sudah pernah mendaftar di aplikasi BPJSTKU, ya. Jika belum, kamu tidak bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi. Sebab, untuk mendaftar dibutuhkan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) yang merujuk pada nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kamu miliki.

Jika kamu pernah mendaftar di aplikasi ini, kamu hanya butuh login ke dalam aplikasi tersebut menggunakan email dan password yang pernah kamu daftarkan juga.

3. Situs resmi BPJS Ketenagakerjaan

Wajib Tahu, Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaanbpjsketenagakerjaan.go.id

Jika kamu enggan mengunduh aplikasi BPJSTKU, kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan via situs resmi mereka. Caranya, kamu hanya tinggal membuka situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selanjutnya, login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Kemudian, klik cek kartu digital untuk melihat nomor BPJS Ketenagakerjaanmu.

4. Call center BPJS Ketenagakerjaan

Wajib Tahu, Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaanbpjsketenagakerjaan.go.id

Cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan. Kamu dapat menghubunginya via telepon di nomor kontak 175.

Kamu bisa juga bertanya melalui media sosial BPJS Ketenagakerjaan. Jika kamu bekerja di luar negeri, kamu bisa menghubungi via aplikasi WhatsApp di nomor 0811-9115910 dan 0855-1500910.

5. Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan

Wajib Tahu, Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaanbpjsketenagakerjaan.go.id

Jika seluruh cara di atas tidak dapat kamu lakukan, kamu bisa mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan tempat kamu mendaftar. Biasanya, untuk prosedurnya, kamu akan diminta membawa kartu keluarga (KK), KTP, serta paklaring. Bawa dokumen asli dan fotokopi sebagai syarat pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Jika sudah mendapatkannya, jangan lupa untuk menyimpannya baik-baik agar mudah dicari jika suatu hari dibutuhkan lagi.

Baca Juga: Pastikan Kamu Terdaftar, Ini 5 Cara Cek Validitas NIK KTP

Baca Juga: Awas Tidak Aktif! Ini 5 Cara Cek Status NPWP Paling Efektif

Baca Juga: Cara Daftar Online dan Offline BPJS Kesehatan Mandiri