Perilaku tidak produktif kamu saat bekerja dapat disebabkan oleh faktor lingkungan dan pilihan desain ruang kerja. Kantor sering dirancang dengan cara yang dapat menghambat produktivitas karyawan.

Jika kamu merasa sulit untuk menyelesaikan pekerjaan di meja kerja kamu, itu tidak hanya berarti kamu tidak memiliki kemampuan untuk fokus. Ini juga bisa menjadi kesalahan kantor kamu dalam mendesain kantor.

Desain kantor dapat memengaruhi seberapa banyak pekerjaan produktif yang dapat kamu lakukan dalam sehari. Jika kamu secara teratur mendapati dirimu menatap kosong pada pekerjaanmu, kamu mungkin ingin mempertimbangkan apakah faktor-faktor lingkungan dan pilihan desain ruang kerja berikut menahanmu dari potensi yang ada dalam dirimu. Berikut ada lima faktor yang mungkin saja terjadi pada kantormu dan membuatmu tidak produktif.

1. Udara Kantor yang Pengap

5 Faktor di Kantor yang Bisa Membuatmu Kurang Produktif Bekerjapexels.com/Christina Morillo

Jika kamu bekerja di kantor, sebagian besar waktumu kemungkinan dihabiskan di dalam ruangan. Dan udara yang kamu hirup di ruang tertutup ini bisa mengganggu fungsi kognitifmu. Membawa lebih banyak udara segar di dalam, atau memiliki sistem ventilasi yang baik, bisa sangat berpengaruh dengan kinerja karyawan yang lebih baik.

2. Pencahayaan yang Buruk

5 Faktor di Kantor yang Bisa Membuatmu Kurang Produktif Bekerjapexels.com/Flo Dahm

Dekat dengan sinar matahari alami memang memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Kamu bisa saja merasakan silau saat matahari bersinar sangat terik. Namun, pada dasarnya para karyawan membutuhkan pencahayaan alami untuk meningkatkan kinerjanya.

Tidak heran dengan adanya kekurangan sinar matahari alami dapat membuat kamu sebagai karyawan menjadi korbannya. Karyawan yang terpapar cahaya alami melaporkan lebih sedikit penyakit seperti kelelahan mata dan sakit kepala dibandingkan yang jarang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

3. Rekan Kerja yang Duduk Di Sampingmu

5 Faktor di Kantor yang Bisa Membuatmu Kurang Produktif Bekerjapexels.com/rawpixel.com

Manusia adalah makhluk sosial yang mencontohkan perilaku yang mereka lihat di sekitar mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa suasana hati orang mudah menular. Ketika rekan kerjamu kasar, kamu akan mulai menangkap sikap buruk mereka juga dan tanpa sadar kamu akan menjadi kasar. Karena rekan kerja yang duduk di sampingmu bisa memberikan dampak ke produktivitasmu, usahakan untuk memilih rekan kerja yang baik atau jika tidak bisa, jangan terlalu hiraukan saat kamu sedang berusaha untuk produktif.

4. Temperatur Ruangan yang Tidak Dapat Disetujui oleh Rekan Kerjamu

5 Faktor di Kantor yang Bisa Membuatmu Kurang Produktif Bekerjapexels.com/rawpixel.com

Well tingkat ketahanan seseorang terhadap suhu ruangan memang berbeda. Begitu pula di kantor. Jika kamu tidak suka dengan suhu yang sangat dingin tetapi rekanmu sangat ingin suhu yang dingin, tidak ada yang bisa dilakukan selain mengalah. Untuk menyiasatinya, selalu sediakan minuman hangat di mejamu atau gunakan jaket dan pakaian tebal lainnya untuk menghalau suhu dingin tersebut.

5. Kantor yang Tidak Dekat dengan Pepohonan

5 Faktor di Kantor yang Bisa Membuatmu Kurang Produktif Bekerjapexels.com/pixabay

Pepohonan hijau ternyata sangat berpengaruh dengan kinerja karyawan di kantor. Mungkin kamu juga merasakan jika bekerja di lingkungan pengap tanpa adanya pepohonan di sekitar akan terasa lebih melelahkan dibandingkan jika ada pepohonan di sekitar kantormu. Jika memang kamu ingin sesuatu yang hijau, kamu bisa kok meletakan tanaman kecil di mejamu.

Baca Juga: 10 Aktivitas Eco-Friendly yang Bisa Kamu Terapkan di Lingkungan Kantor