Mengapa resign dari kerjaan lama? Pertanyaan ini sangat mungkin dan umum dilontarkan perusahaan baru saat mengetahui kalau kamu sudah memiliki pengalaman sebelum melamar di perusahaan tersebut. Terlepas dari berapa lama tidaknya kamu di perusahaan lama, pertanyaan ini kadang bisa menjadi keberuntungan atau bahkan jebakan untuk mengetahui kapasitas diri kamu. 

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan seperti ini kamu harus memberikan reaksi positif meskipun alasan yang kamu buat tidak sesuai dengan pengalaman kamu di tempat kerja lama. 

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Mengapa Resign dari Pekerjaan Lamaunsplash.com

Beberapa alasan sangat mudah untuk diterima pihak HRD, namun ada beberapa pemilihan kata yang perlu kamu waspadai dalam menyikapi pertanyaan ini. Akan menjadi nilai plus bagi perusahaan yang ingin merekrut kamu untuk mendapatkan surat rekomendasi dari perusahaan lama yang menandakan kalau kamu menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan lama

Ketika menjawab pertanyaan ini penting rasanya untuk selalu menanggapinya dengan respon positif namun tetap jelas dan lugas. Ingat, jangan pernah menyebutkan tentang lingkungan kerja atau beban kerja kamu yang tidak kamu sukai. 

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Mengapa Resign dari Pekerjaan Lamaunsplash.com

Pastikan kamu sejalan dengan visi dan misi perusahaan dan kamu sebaiknya memberikan contoh mengapa pekerjaan baru tersebut pantas untuk kamu dapatkan. 

Sebagai contoh, kamu bisa saja mengatakan kalau kamu ingin berkembang di perusahaan baru dengan tanggung jawab yang lebih besar, ingin mencoba bidang baru yang kamu anggap lebih cocok untuk kamu atau mengembangkan karier. 

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Mengapa Resign dari Pekerjaan Lamaunsplash.com
 

Kuncinya dalam menanggapi pertanyaan ini adalah usahakan kamu tidak terlihat mengkerdilkan perusahaan kamu sebelumnya dan tunjukkan atensi kamu untuk memulai sesuatu yang baru di perusahaan tersebut.

 

BACA JUGA: 4 Pertanyaan yang Wajib Kamu Ajukan Saat Wawancara Kerja