Masih ragu untuk hijrah ke kota besar seperti Jakarta? Tinggal di Jakarta pastinya menawarkan pengalaman baru yang menyenangkan untuk beberapa kalangan. Dibandingkan kota kecil lainnya di Indonesia, Jakarta memang menawarkan banyak pilihan gaya hidup. 

Namun jangan salah, tinggal di kota besar bisa jadi sangat menyenangkan sekaligus mengesalkan bagi banyak orang.  Sebelum kamu merantau, yuk simak hal-hal yang perlu kamu tahu tentang ibukota.

Macetnya Jakarta bisa lebih buruk dari yang kamu bayangkan

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke JakartaPixabay.com/Yanns

Kamu mungkin sudah sering dengar kalau Jakarta itu sering macet, namun kamu belum pernah merasakan diam di satu tempat dalam waktu dua jam, kan? Hal ini mungkin banget terjadi di Jakarta bahkan untuk jalur tol atau menuju bandara.

Di kota besar seperti Jakarta, kemacetan bisa terjadi karena banyak faktor tidak hanya arus lalu lintas yang padat.

Warga Jakarta terkesan individualis

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke JakartaPixabay.com/Byau08
 

Budaya kekeluargaan dan beramah tamah pelan-pelan sudah mulai terkikis di Jakarta dikarenakan masing-masing orang mementingkan urusannya masing-masing.

Orang Jakarta yang super sibuk setiap harinya membuat mereka menjadi individualis bahkan untuk menawarkan tempat duduk di Transjakarta kepada orang tua ada rasa sedikit keberatan.

Perjalanan yang selalu makan waktu

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke Jakartaunsplash.com/Leandro Maldini
 

Jakarta adalah sebuah provinsi yang terdiri dari lima kota dan satu kabupaten. Layaknya sebuah provinsi lain di Indonesia, Jakarta sangat luas belum lagi ditambah beberapa titik macet yang membuat kadang perjalanan antara Jakarta Utara menuju Jakarta Barat bisa memakan waktu 2 sampai 3 jam.

Meski memakan banyak waktu, banyak juga lho orang yang tinggal di pinggiran kota rela melakukan perjalanan yang memakan waktu untuk mengais rezeki dan menimba ilmu di Jakarta.

Pilihan makanan yang akan semakin banyak namun juga semakin mahal

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke JakartaPixabay.com/Gunawan Teguh

Menurut riset pasar, orang Jakarta itu suka banget makan pedas. Jadi, tidak usah ragu untuk datang ke Jakarta kalau kamu juga penyuka makanan pedas. Namun, makanan enak juga memiliki harga yang setimpal di Jakarta. Rata-rata pengeluaran makan untuk satu orang di Jakarta adalah sekitar 18 hingga 35 ribu.

Belum lagi kalau kamu punya hasrat ingin makan enak di restoran atau mall, harus rogoh kocek lebih dalam dong karena ada biaya pajak dan servisnya juga.

Menemukan tempat tinggal yang nyaman dan aman juga sulit

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke JakartaPixabay.com/Fuz
 

Kalau kamu tidak menyiapkan dana yang besar, mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan aman di Jakarta bisa jadi sangat sulit untuk kamu. Rata-rata, kos-kosan di Jakarta menyentuh angka 900 hingga 1,6 juta per bulannya. Meski kamu sudah membayar mahal, hal ini tidak jaminan kalau kos-kosan juga aman untuk ditinggali.

Maka dari itu, perlu untuk mengecek tempat tinggal dan menimbang harga ketika memilih untuk menetap di Jakarta.

Harus beradapatasi dengan polusi suara

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke JakartaPixabay.com/Rakatz

Selain suara sirene ambulans, polisi, truk pengangkut atau kereta, kamu harus tahu kalau orang Jakarta juga rajin banget memberikan klakson.

Bagi kamu yang tinggal di kota kecil dengan polusi suara yang kecil, berada di Jakarta pastinya akan jadi culture shock sendiri bagi kamu. Pedagang kecil yang mampir di persimpangan jalan juga terkadang menyumbang polusi suara yang tidak menyenangkan jika kamu tidak menikmatinya.

Pilihan hiburan juga akan semakin banyak namun juga merogoh kocek

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke JakartaPixabay.com/Fordito
 

Tidak seperti di kota kecil, Jakarta menawarkan banyak hiburan sesuai dengan hobi kamu. Lihat saja hampir di semua mall di Jakarta memiliki gedung bioskop yang berbeda kualitas satu sama lain.

Bosan dengan mall, kamu bisa menonton konser, mengunjungi museum atau taman bermain. Namun jangan kira hiburan di Jakarta itu murah, untuk masuk ke Pantai Ancol saja seorang harus membayar 25 ribu rupiah.

Pemandangan hijau hanya bisa didapatkan di taman kota

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke JakartaPixabay.com/Gunawan Teguh
 

Sulit sekali untuk mendapatkan pemandangan hijau dan segar di Jakarta untuk sekedar berolahraga atau melepas jenuh di sore hari. 

Jika kamu tidak menginjakkan kaki di taman kota, sulit rasanya bisa melihat tanaman hijau di Jakarta. Taman kota di Jakarta juga tidak seasri yang kamu bayangkan, beberapa taman di Jakarta ada yang tidak terurus dan dibiarkan begitu saja.

Moda transportasi bisa jadi memudahkan sekaligus menjengkelkan

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke JakartaPixabay.com/Deny Sabri
 

Selain moda transportasi online, Jakarta menawarkan banyak transportasi umum yang dikelola pemerintah maupun swasta. Jangan kaget kalau kamu bisa keliling Jakarta dengan cuma-cuma hanya dengan naik moda transportasi busway.

Namun terkadang moda transportasi di Jakarta bisa sangat menjengkelkan di jam-jam sibuk pergi dan pulang kantor. Coba banyangkan bagaimana rasanya berdiri di atas kereta yang padat selama dua jam tanpa kamu harus menggantungkan tangan tapi kamu nggak akan jatuh? Nah, begitulah rasanya tinggal di Jakarta.

Tapi, upah kerja di Jakarta juga lebih tinggi

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Merantau ke Jakartaunsplash.com/al ghazali
 

Meski kesannya Jakarta itu matrealistis, tapi banyak kok lembaga institusi dan perusahaan yang juga akan membayar upah kerja kamu dengan harga yang setimpal. 

Untuk level fresh graduate, rata-rata gaji yang akan ditawarkan perusahaan adalah sekitar 3,5 juta hingga 5 juta rupiah per bulannya. Dibandingkan dengan beberapa kota besar di Indonesia, upah pekerja entry level job di Jakarta sudah lumayan setimpal dengan tingkat stres para pekerjanya.

 

BACA JUGA: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Merantau di Awal Usia 20-an